Monday, January 04, 2010

Grapitiw

Sejarah

Istilah grafiti dimaksud prasasti, gambar gambar, dll, ditemukan di dinding sepulchers atau reruntuhan kuno, seperti dalam Katakombe Roma atau di Pompeii. Penggunaan kata telah berevolusi untuk mengikutsertakan setiap diterapkan pada permukaan grafis dengan cara yang merupakan vandalisme.

Bentuk paling awal dari tanggal grafiti kembali sampai 30.000 SM dalam bentuk lukisan gua prasejarah dan pictographs menggunakan alat-alat seperti tulang hewan dan pigmen [3]. Ilustrasi ini sering ditempatkan di lokasi upacara dan suci di dalam gua. Gambar yang digambar di dinding menunjukkan adegan binatang dan berburu satwa liar di sebagian besar keadaan. Bentuk grafiti ini tunduk pada ketidaksepakatan mempertimbangkan kemungkinan bahwa anggota masyarakat prasejarah mendukung penciptaan ilustrasi ini.

Satu-satunya sumber yang dikenal bahasa Safaitic, suatu bentuk proto-bahasa Arab, dari grafiti: prasasti tergores pada permukaan batu dan batu-batu di padang pasir basalt yang didominasi Suriah selatan, timur utara Yordania dan Arab Saudi. Safaitic berasal dari abad ke-1 SM sampai abad ke-4 Masehi.
Pompeii kuno grafiti karikatur seorang politisi.
Gaya modern grafiti

Contoh pertama yang diketahui tentang "gaya modern" grafiti bertahan di kota Yunani kuno Efesus (di zaman modern Turki). Panduan lokal mengatakan itu adalah sebuah iklan untuk prostitusi. Terletak dekat sebuah mosaik dan batu jalan, grafiti yang menunjukkan handprint yang samar-samar menyerupai hati, bersama jejak kaki dan nomor. Hal ini diyakini untuk menunjukkan bahwa sebuah bordil di dekatnya, dengan melambangkan handprint pembayaran. [4]

Roma kuno berukir grafiti di tembok-tembok dan monumen, contoh-contoh yang juga bertahan hidup di Mesir. Grafiti di dunia klasik yang berbeda daripada membawa konotasi di masyarakat hari ini tentang konten. Grafiti kuno frase ditampilkan cinta deklarasi, retorika politik, dan kata-kata sederhana dibandingkan dengan pemikiran toady pesan populer sosial dan cita-cita politik [5]. Letusan Vesuvius diawetkan grafiti di Pompeii, termasuk Latin kutukan, mantra, deklarasi cinta, abjad, slogan-slogan politik dan kutipan sastra terkenal, memberikan wawasan ke dalam kehidupan jalanan Romawi kuno. Salah satu prasasti memberikan alamat Novellia seorang wanita bernama Primigenia dari Nuceria, seorang pelacur, rupanya keindahan besar, jasa-jasa yang banyak permintaan. Lain menunjukkan sebuah lingga disertai dengan teks, 'mansueta Tene': "Tangani dengan hati-hati".

Kecewa cinta juga menemukan jalannya ke dinding di zaman kuno:

Quisquis amat. veniat. Frangere Volo Veneri costas
fustibus et lumbos debilitare deae.
Si potest illa mihi tenerum pertundere pectus
berhenti ego possim caput non illae frangere fuste?

Orang yang mengasihi, pergi ke neraka. Aku ingin mematahkan rusuk Venus
dengan sebuah klub dan cacad pinggulnya.
Jika ia dapat mematahkan hati yang lembut
kenapa aku tidak bisa memukulnya di kepala?

-Cil IV, 1284.

Alexamenos satir grafiti yang diyakini paling awal dikenal representasi Yesus.

Bersejarah bentuk grafiti telah membantu memperoleh pemahaman ke dalam gaya hidup dan bahasa budaya masa lalu. Kesalahan dalam ejaan dan tata bahasa dalam grafiti ini menawarkan wawasan ke dalam tingkat melek huruf di masa Romawi dan memberikan petunjuk pada pengucapan lisan bahasa Latin. Contohnya adalah Cil IV, 7.838: Vettium Firmum / AED [ilem] quactiliar [ii] [sic] rog [ant]. Sini, "qu" dibaca "co." 83 potongan ditemukan di Cil grafiti IV, 4706-85 adalah bukti dari kemampuan untuk membaca dan menulis di tingkat masyarakat di mana keaksaraan mungkin tidak diharapkan. Grafiti muncul di peristyle yang sedang direnovasi pada saat letusan Vesuvius oleh arsitek Crescens. Grafiti yang ditinggalkan oleh mandor dan para pekerja. Bordil di Cil VII, 12, 18-20 berisi lebih dari 120 lembar grafiti, beberapa di antaranya adalah karya para pelacur dan klien mereka. The gladiator akademi di Cil IV, 4.397 dicoretkan dengan grafiti yang ditinggalkan oleh gladiator Celadus Crescens (Suspirium puellarum Celadus thraex: "Celadus yang Thrakian membuat gadis mendesah.")

Bagian lain dari Pompei, ditulis di dinding kedai tentang pemilik pendirian dan anggur dipertanyakan:

Pemilik, mungkin Anda terletak memfitnah
Membawa kehancuran di kepala Anda!
Anda sendiri tidak dicampur minuman anggur,
Menjual air tamu Anda sebagai gantinya. [6]

Bukan hanya orang-orang Yunani dan Romawi yang menghasilkan grafiti: situs Maya Tikal di Guatemala juga berisi contoh-contoh kuno. Viking grafiti bertahan di Roma dan di Newgrange Mound di Irlandia, dan menggaruk Varangian nama-Nya (Halvdan) dalam lambang di pegangan tangga di Hagia Sophia di awal Constantinople.These bentuk grafiti telah memberi kontribusi pada pemahaman bahasa gaya hidup dan budaya masa lalu .

Graffiti, yang dikenal sebagai Tacherons, yang sering menggaruk pada dinding gereja Romawi Skandinavia. [7]

Ketika seniman Renaisans seperti Pinturicchio, Raphael, Michelangelo, Filippino Lippi Ghirlandaio atau turun ke dalam reruntuhan Nero Domus Aurea, mereka diukir atau dicat nama mereka [8] [9] dan kembali dengan gaya grottesche dekorasi. Ada juga contoh grafiti yang terjadi dalam sejarah Amerika, seperti Signature Rock, tengara nasional sepanjang Oregon Trail.

Kemudian, tentara Prancis diukir nama-nama mereka di monumen selama kampanye Napoleon dari Mesir pada tahun 1790-an. [10] Lord Byron's bertahan pada salah satu kolom di Kuil Poseidon di Cape Sounion di Attica, Yunani. [11]
Modern graffiti
Ukiran Kilroy pada Perang Dunia II Memorial di Washington DC.
Seorang tentara di Italia (1943-1944)
Pesawat diukir ke tembok pembatas jalan jembatan di atas stasiun kereta api tua Cunninghamhead situs. Sepotong sejarah sosial tahun 1950-an.
Gang Simbol di Spokane, Washington.

Graffiti sering dilihat sebagai telah menjadi hip hop berkaitan dengan budaya dan banyak sekali gaya internasional yang berasal dari New York City Subway grafiti (lihat di bawah). Namun, ada banyak contoh lain dari grafiti terkenal abad ini. Graffiti telah lama muncul di gerbong boks kereta api dan kereta bawah tanah. Yang satu dengan sejarah terpanjang, dating kembali ke 1920-an dan berlanjut ke hari ini, adalah Texino [12]. Selama Perang Dunia II dan selama beberapa dekade setelah itu, ungkapan "Kilroy ada di sini" disertai ilustrasi ini tersebar luas di seluruh dunia, karena penggunaannya oleh pasukan Amerika dan penyaringan ke dalam budaya populer Amerika. Tak lama setelah kematian Charlie Parker (dijuluki "Yardbird" atau "Burung"), graffiti mulai muncul di New York dengan kata-kata "Burung Lives". [13] protes mahasiswa dan pemogokan umum Mei 1968 Paris dihiasi melihat revolusioner, anarkis, dan situationist slogan seperti perasaan bosan L'est contre-Révolutionnaire ( "Kebosanan adalah kontrarevolusi") dinyatakan dalam melukis grafiti, poster seni, dan seni stensil. Di Amerika Serikat pada saat politik lainnya frase (seperti "Free Kwik" tentang Black Panther Kwik Newton) menjadi populer secara singkat sebagai grafiti di daerah terbatas, hanya untuk dilupakan. Grafiti populer tahun 1970-an adalah legenda "Dick Nixon Sebelum Dia Dicks Anda," yang mencerminkan permusuhan budaya pemuda itu presiden AS.

Rock and roll grafiti adalah sub genre yang signifikan. Grafiti terkenal dari abad ke-20 adalah prasasti di kereta bawah tanah London membaca "Clapton adalah Tuhan". Ungkapan itu semprot dilukis oleh pengagum di dinding di sebuah stasiun bawah tanah Islington pada musim gugur 1967. Grafiti ditangkap dalam sebuah foto, di mana anjing itu kencing di dinding. Graffiti juga menjadi terkait dengan pendirian anti-awal gerakan punk rock pada 1970-an. Band-band seperti Black Flag dan Crass (dan pengikut-pengikutnya) dicap secara luas nama-nama mereka dan logo, sementara banyak punk klub malam, jongkok dan nongkrong yang terkenal grafiti mereka. Pada akhir tahun 1980-an terbalik gelas Martini yang merupakan tag untuk band punk Hilang Yayasan adalah yang paling rendah di mana-mana grafiti di Manhattan, dan ditiru oleh penggemar punk inti keras di seluruh Amerika Serikat dan Jerman Barat. [14]
Graffiti sebagai unsur hip hop
Kaleng cat aerosol, alat Common grafiti modern

Di Amerika sekitar akhir 1960-an, graffiti digunakan sebagai bentuk ekspresi oleh aktivis politik, dan juga oleh geng-geng seperti Skulls Savage, La Familia, dan Savage Pengembara untuk menandai wilayah. Menjelang akhir 1960-an, tanda-tag-penulis grafiti Philadelphia roti jagung, Best Earl dan Topcat 126 mulai muncul. [15] [16]. Roti jagung sering dikutip sebagai salah satu penulis paling awal grafiti modern [17]. Sekitar 1970-71, pusat inovasi grafiti pindah ke New York City di mana penulis mengikuti di belakang Taki 183 dan 168 Tracy jalan mereka akan menambah jumlah nama panggilan mereka, "bom" kereta dengan pekerjaan mereka, dan membiarkan kereta bawah tanah mengambil itu-dan ketenaran mereka, apakah itu mengesankan, atau hanya merasuk, cukup-"semua kota". Gelembung huruf awalnya memegang kekuasaan di antara para penulis dari Bronx, meskipun rumit Tracy menulis 168 dijuluki "Wildstyle" akan datang untuk mendefinisikan seni. [15] [18] trendsetter awal bergabung di tahun 70-an oleh seniman seperti Dondi, Zephyr dan Lady pink. [15]

Graffiti adalah salah satu dari empat unsur utama dari kebudayaan hip hop (bersama dengan mengetuk, DJing, dan break dance). [19] Hubungan antara grafiti dan budaya hip hop muncul baik dari seniman grafiti awal mempraktekkan aspek-aspek lain hip hop, dan dipraktekkan di daerah-daerah di mana unsur-unsur lain hip hop sudah berkembang sebagai bentuk seni. Pada pertengahan tahun delapan puluhan, form akan bergerak dari jalan ke dunia seni. Jean-Michel Basquiat akan meninggalkan nya SAMO tag untuk galeri seni, dan bahkan seni jalanan koneksi ke hip-hop akan mengendur. Sesekali hip hop paeans untuk grafiti masih terdengar di seluruh sembilan puluhan, bagaimanapun, di trek seperti Artifacts ' "Salah Side of Da Trek" dan Perusahaan Arus's "Lune TNS". [15]
Asal

Modernis awal tanggal grafiti dapat kembali ke kotak mobil di awal 1920-an namun gerakan graffiti terlihat dalam dunia kontemporer saat ini benar-benar berasal melalui pikiran aktivis politik dan anggota geng tahun 1960-an [20]. The "perintis era" dari grafiti terjadi selama tahun 1969 sampai 1974. Periode waktu ini adalah masa perubahan dalam popularitas dan gaya. New York City menjadi hub baru (resmi Philadelphia, Pennsylvania) dari grafiti tag dan gambar. Grafiti seniman selama periode ini berusaha untuk menempatkan sebanyak mungkin tanda-tanda naik di sekitar kota. Ini adalah tujuan akhir dari pemaparan. Segera setelah migrasi dari Philadelphia ke NYC, kota yang dihasilkan salah satu seniman grafiti yang pertama untuk mendapatkan perhatian media di New York, Taki 183. 183 Taki adalah seorang pemuda dari Washington Heights, Manhattan yang bekerja sebagai utusan kaki. Tag-Nya adalah campuran dari namanya Demetrius (Demetraki), Taki, dan nomor jalan, 183. Menjadi utusan kaki, ia terus-menerus di kereta bawah tanah dan mulai memasang tag-nya di sepanjang perjalanan. Melahirkan tahun 1971 ini artikel di New York Times yang berjudul " 'Taki 183' menumbuhkan Pen Pal". [10] [16] [21] Julio 204 juga dikreditkan sebagai penulis awal, meskipun tidak diakui pada saat di luar grafiti subkultur. Nama-nama terkenal lainnya dari waktu itu adalah: Tetap Tinggi 149, FASE 2, Stitch 1, Joe 182, SMP 161 dan Cay 161. Barbara 62 dan Eva 62 juga penting seniman grafiti awal di New York, dan merupakan wanita pertama menjadi terkenal untuk menulis grafiti.
Graffiti tag São Paulo

Juga berlangsung selama era ini adalah gerakan dari luar kota di jalan-jalan ke kereta bawah tanah. Graffiti juga melihat benih-benih pertama kompetisi di sekitar waktu ini. Tujuan dari sebagian besar seniman saat ini adalah "bangun": memiliki banyak tag dan bom di tempat sebanyak mungkin. Seniman mulai masuk ke kereta bawah tanah meter untuk mencapai kereta sebanyak yang mereka bisa dengan risiko yang lebih rendah, lebih sering menciptakan karya seni yang rumit sepanjang sisi mobil kereta bawah tanah. Ini terjadi ketika tindakan pengeboman dikatakan secara resmi didirikan.
Contoh grafiti "tag"

By 1971 tags mulai mengambil kaligrafi tanda tangan mereka penampilan karena, karena jumlah besar seniman, masing-masing seniman grafiti memerlukan cara untuk membedakan diri mereka sendiri. Selain dari tumbuh kompleksitas dan kreativitas, tag juga mulai tumbuh dalam ukuran dan skala - misalnya, banyak seniman sudah mulai meningkatkan ukuran huruf dan garis ketebalan, serta mencantumkan tag mereka. Hal ini melahirkan apa yang disebut 'karya' atau 'bagian' pada tahun 1972. Super Kool 223 dikreditkan sebagai yang pertama untuk melakukan potongan-potongan. [22] [23] [24]

Penggunaan desain seperti bintik-bintik, crosshatches, dan catur menjadi semakin populer. Menggunakan cat semprot meningkat secara dramatis di sekitar kali ini sebagai seniman mulai memperluas pekerjaan mereka. "Top-to-bottom", karya-karya yang menjangkau seluruh tinggi mobil kereta bawah tanah, membuat penampilan pertama mereka di waktu ini juga. Keseluruhan kreativitas dan artistik pematangan periode ini tidak tidak diketahui oleh mainstream - Hugo Martinez mendirikan Amerika Graffiti Artists (UGA) pada tahun 1972. UGA terdiri dari banyak seniman grafiti atas waktu, dan bertujuan untuk menyajikan grafiti di sebuah galeri seni pengaturan. Pada tahun 1974, seniman grafiti mulai menggabungkan penggunaan pemandangan dan kartun karakter ke dalam pekerjaan. TF5 (The Fabulous Lima), adalah seorang kru yang dikenal rumit yang dirancang untuk seluruh mobil. [25]
Pertengahan tahun 1970-an

Pada pertengahan 1970-an waktu, paling standar telah ditetapkan dalam grafiti menulis dan budaya. Terberat "bom" dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di periode ini, sebagian karena hambatan ekonomi di New York City, yang membatasi kemampuannya untuk memerangi bentuk seni ini dengan program-program penghapusan grafiti atau transit pemeliharaan. Juga selama waktu ini, "top-to-bottom" berevolusi untuk mengambil seluruh kereta bawah tanah mobil. Sebagian besar catatan-layak era ini terbukti pembentukan "membuang-up", yang lebih kompleks daripada sederhana "penandaan," tapi tidak rumit sebagai "bagian". Tidak lama setelah perkenalan mereka, melempar-up menyebabkan perlombaan untuk melihat siapa yang bisa melakukan jumlah terbesar melempar-up dalam waktu paling sedikit.

Grafiti menulis itu menjadi sangat kompetitif dan seniman berusaha untuk pergi "semua kota," atau memiliki nama-nama mereka dilihat di semua lima borough of NYC. Akhirnya, standar yang telah ditetapkan pada awal tahun 70-an mulai menjadi stagnan. Perubahan sikap ini membuat banyak seniman ke tahun 1980-an dengan sebuah keinginan untuk memperluas dan perubahan.
Modern grafiti di kereta

Akhir 1970-an dan awal 1980-an membawa gelombang baru kreativitas ke TKP. Sebagai pengaruh grafiti tumbuh luar Bronx, sebuah gerakan grafiti dimulai dengan dorongan Friendly Freddie. Fab 5 Freddy (Fred Brathwaite) adalah salah satu sosok grafiti populer saat ini, yang dimulai di Brooklyn "dinding-kelompok penulis." Dia mencatat bagaimana perbedaan dalam teknik semprot dan surat-surat antara Upper Manhattan dan Brooklyn mulai bergabung pada akhir 70-an: "keluar dari yang datang 'Wild Style'." [26] Fab 5 Freddy seringkali dianggap berjasa dengan membantu untuk menyebarkan pengaruh grafiti dan musik rap luar fondasi awal di Bronx, dan membuat link yang sebagian besar pusat kota putih adegan seni dan musik. Saat itu sekitar waktu ini bahwa dunia seni yang mapan mulai menjadi reseptif terhadap budaya grafiti untuk pertama kalinya sejak Hugo Martinez's Razor Gallery di awal 1970-an.

Itu juga, Namun, gelombang terakhir pengeboman sejati sebelum Transit Authority membuat grafiti pemberantasan prioritas. MTA (Metro Transit Authority) mulai memperbaiki pagar halaman, dan menghapus grafiti konsisten, berjuang melawan gelombang grafiti seniman. Dengan MTA memerangi para seniman dengan menghapus karya mereka sering membuat banyak seniman untuk berhenti karena frustrasi, karena pekerjaan mereka terus-menerus dibuang.
Penyebaran budaya grafiti

Pada tahun 1979, artis grafiti Lee Quinones dan Fab 5 Freddy diberi pembukaan galeri seni di Roma oleh Claudio agen Bruni. Bagi banyak di luar New York, itu adalah pertemuan pertama mereka dengan bentuk seni. Fab 5 Freddy persahabatan dengan Debbie Harry Blondie dipengaruhi tunggal "Kiamat" (Chrysalis, 1981), video yang menampilkan Jean-Michel Basquiat dari SAMO © Graffiti, dan menawarkan banyak pertama mereka melihat gambaran dari unsur-unsur grafiti dalam hip hop budaya. Lebih penting di sini adalah Ahearn Charlie's independen merilis film fiksi Wild Style (Wild Style, 1982), dan dokumenter PBS awal Style Wars (1983). Lagu-lagu hit seperti "The Message" dan "Planet Rock" dan video musik yang menyertai mereka (keduanya 1982) berkontribusi pada semakin meningkatnya minat di luar New York di semua aspek pinggul Perang hop.Style digambarkan tidak hanya terkenal seperti artis grafiti Skeme, Dondi , MinOne dan Zephyr, tetapi juga diperkuat peran grafiti dalam muncul di New York budaya hip hop terkenal dengan menggabungkan break dance awal kelompok-kelompok seperti Rock Steady Crew dalam film yang juga memiliki fitur rap hanya soundtrack. Style Wars masih diakui sebagai film paling produktif representasi apa yang sedang terjadi di dalam budaya hip hop muda pada awal tahun 1980-an. [27] Fab 5 Freddy dan Futura 2000 mengambil hip hop grafiti ke Paris dan London sebagai bagian dari New York Rap City Tour pada tahun 1983. [28] Hollywood juga diperhatikan, konsultasi para penulis seperti FASE 2 seperti yang digambarkan budaya dan memberikannya eksposur internasional dalam film seperti "Beat Street (Orion, 1984).

Periode ini juga melihat munculnya grafiti stensil baru genre. Beberapa contoh pertama diciptakan ca 1981 oleh seniman grafiti Blek le Rat di Paris; pada tahun 1985 stensil telah muncul di kota-kota lain seperti New York City, Sydney dan Melbourne, di mana mereka didokumentasikan oleh fotografer Amerika dan Australia Charles Gatewood photograher Rennie Ellis [ 29].
New York City menurun
Etalase grafiti dari restoran antara World Trade Center dan Chinatown, di New York City.

Sama seperti budaya menyebar di luar New York dan di luar negeri, aspek budaya grafiti di New York dikatakan memburuk hampir sampai ke titik kepunahan. Penurunan yang cepat dalam menulis adalah karena beberapa faktor. Jalan-jalan menjadi lebih berbahaya karena adanya epidemi retak berkembang, undang-undang ini dilakukan untuk membuat hukuman untuk para seniman grafiti yang lebih berat, dan pembatasan penjualan cat dan ditampilkan membuat perlombaan (mencuri) bahan sulit. Atas segalanya, MTA sangat meningkatkan anggaran anti-grafiti. Banyak situs yang menjadi favorit lukisan yang dijaga ketat, pekarangan itu patroli, pagar yang lebih baru dan lebih baik didirikan, dan Buffing keping kuat, berat, dan konsisten. Sebagai hasil dari kereta bawah tanah yang lebih keras untuk melukis, lebih banyak penulis pergi ke jalan-jalan, yang sekarang, bersama dengan kotak komuter kereta dan mobil, yang paling lazim bentuk tulisan.

Banyak seniman grafiti Namun, memilih untuk melihat masalah-masalah baru sebagai tantangan bukan alasan untuk berhenti. Sebuah kerugian untuk tantangan ini adalah bahwa para seniman menjadi sangat teritorial menulis baik bintik-bintik, dan kekuatan dan kesatuan dalam jumlah menjadi semakin penting. Beberapa seniman grafiti mentionable dari era ini adalah Blade, Dondi, Min 1, Quik, Seen dan Skeme. Hal ini dinyatakan sebagai end untuk kereta bawah tanah NYC biasa grafiti seniman, dan tahun-tahun akan mengikuti hanya dihuni oleh beberapa orang menganggap apa yang paling "mati keras" seniman. Orang sering menemukan bahwa membuat grafiti di sekitar area lokal adalah cara mudah untuk tertangkap sehingga mereka melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang berbeda.
New York 1985-1989

Tahun-tahun antara 1985 dan 1989 menjadi dikenal sebagai "mati keras" era. Sebuah gambar terakhir bagi seniman grafiti kali ini adalah dalam bentuk mobil kereta bawah tanah diperuntukkan bagi halaman memo. Dengan peningkatan keamanan, kebudayaan telah mengambil langkah mundur. Rumit sebelumnya "pembakar" di bagian luar mobil sekarang diwarnai dengan spidol sederhana tag yang sering basah kuyup cat.

Pada pertengahan tahun 1986, MTA dan CTA menang mereka "perang terhadap grafiti," dan penduduk seniman grafiti aktif berkurang. Sebagai penduduk seniman diturunkan agar melakukan kekerasan yang berhubungan dengan grafiti awak dan "pengeboman." Atap juga sedang billboard baru untuk beberapa 80's penulis. Beberapa seniman grafiti terkenal era ini adalah Cope2, Claw Money, Sane Smith [30], Zephyr dan T Kid. [31]
New York era Gerakan Bersih Kereta

Zaman sekarang di grafiti dicirikan oleh mayoritas seniman grafiti bergerak dari gerbong kereta bawah tanah atau untuk "galeri jalanan." Kereta Bersih Gerakan dimulai pada Mei 1989, ketika New York berusaha untuk menghapus semua mobil kereta bawah tanah yang ditemukan dengan grafiti pada mereka keluar dari sistem transit. Karena ini, banyak seniman grafiti untuk menggunakan cara-cara baru untuk mengekspresikan diri. Banyak kontroversi muncul di antara jalan-jalan grafiti memperdebatkan apakah harus dianggap sebagai bentuk seni yang sebenarnya. [32]

Sebelum Kereta Api Bersih Gerakan, jalan-jalan sebagian besar tidak disentuh hanya di New York, tapi di kota-kota besar lainnya Amerika juga. Setelah transit tekun perusahaan mulai membersihkan kereta api, grafiti menghambur ke jalan-jalan Amerika untuk mengharapkan sebuah un-un-menghargai publik.

Pejabat kota di tempat lain di negara sombong beranggapan bahwa grafiti geng terbatas merupakan penyakit sebagian besar ke Big Apple Tidak lebih. Smear yang bergaya dilahirkan di Bronx Selatan telah menyebar di seluruh negeri, meliputi bangunan, jembatan dan jalan raya di setiap pusat perkotaan. Dari Philadelphia ke Santa Barbara, Calif, biaya tahunan membersihkan setelah seniman bawah tanah menjulang ke miliaran.

[33]

Selama periode ini banyak seniman grafiti yang diambil untuk menampilkan karya-karya mereka di galeri dan memiliki studio mereka sendiri. Praktek ini dimulai pada awal 1980-an dengan artis seperti Jean-Michel Basquiat, yang mulai dari lokasi penandaan dengan tanda tangannya SAMO (Same Old Shit), dan Keith Haring, yang juga mampu membawa seni ke ruang studio.

Dalam beberapa kasus, seniman grafiti telah mencapai rumit seperti grafiti (terutama yang dilakukan untuk mengenang orang yang meninggal) di gerbang depan toko yang pemilik toko telah ragu-ragu untuk menutupi mereka. Di Bronx setelah kematian rapper Big Pun, beberapa mural hidupnya didedikasikan untuk dilakukan oleh BG183, Bio, Lebih enak lemak dalam sekejap muncul CRU; [34] serupa outpourings terjadi setelah kematian dari The Notorious BIG, Tupac Shakur, Big L, dan Jam Master Jay. [35] [36]
Komersialisasi dan masuk ke arus utama budaya pop
Contoh permainan video Perpaduan antara budaya dan kebudayaan grafiti ditemukan di Tembok Berlin

Dengan popularitas dan legitimasi dari grafiti telah datang tingkat komersialisasi. Pada tahun 2001, raksasa komputer IBM meluncurkan kampanye iklan di Chicago dan San Francisco yang melibatkan orang-orang semprot lukisan di trotoar simbol perdamaian, jantung, dan seekor penguin (maskot Linux), untuk mewakili "Peace, Love, dan Linux." Namun karena ilegal beberapa "seniman jalanan" itu ditangkap dan didakwa dengan vandalisme, dan IBM didenda lebih dari US $ 120.000 untuk menghukum dan membersihkan biaya-biaya. [37] [38]

Pada tahun 2005, sebuah kampanye iklan yang sama diluncurkan oleh Sony dan dieksekusi oleh CRU lemak di New York, Chicago, Atlanta, Philadelphia, Los Angeles dan Miami untuk memasarkan sistem game handheld PSP. Dalam kampanye ini, memperhatikan masalah-masalah hukum dari kampanye IBM, Sony dibayarkan pemilik bangunan untuk hak cat pada bangunan mereka "koleksi pusing-mata bermain dengan anak-anak perkotaan PSP seakan skateboard, sebuah dayung atau kuda-kudaan. "[38]

Seiring dengan pertumbuhan komersial telah tiba munculnya video game juga menggambarkan grafiti, biasanya dalam aspek positif - misalnya, Jet Set Radio seri (2000-2003) bercerita tentang sekelompok remaja melawan penindasan polisi yang totaliter kekuatan yang mencoba untuk membatasi seniman grafiti 'kebebasan berbicara. Dalam plotlines mencerminkan reaksi negatif non-komersial komersialisasi seniman dari artform oleh perusahaan-perusahaan seperti IBM (dan, kemudian, Sony itu sendiri) yang Rakugaki Ōkoku seri (2003-2005) untuk Sony PlayStation 2 berkisar seputar pahlawan anonim dan ajaib dijiwai-dengan-kehidupan kreasi grafiti ketika mereka berjuang melawan raja yang jahat yang hanya memungkinkan untuk diproduksi seni yang dapat menguntungkan dirinya. Setelah akar asli grafiti modern sebagai kekuatan politik datang permainan lain judul, Marc Ecko's Getting Up: Contents Under Pressure (2006), menampilkan alur cerita yang melibatkan berperang melawan kota yang korup dan penindasan terhadap kebebasan berbicara, seperti di Jet Set radio seri.

Permainan lainnya yang mencakup fitur grafiti Bom Dunia (2004), grafiti simulasi online yang diciptakan oleh seniman grafiti Klark Kent di mana pengguna dapat virtual cat kereta api di 20 lokasi di seluruh dunia, dan Super Mario Sunshine (2002), di mana pahlawan, Mario harus bersih kota grafiti yang ditinggalkan oleh penjahat, Bowser Jr dalam plotline yang membangkitkan keberhasilan Anti-Graffiti Task Force dari Walikota New York Rudolph Giuliani (satu manifestasi dari "teori jendela pecah") atau orang-orang dari "Graffiti Blasters" Walikota Chicago Richard M. Daley.
Sebuah penggambaran grafiti tahun 1978 permainan Space Invaders
Sebuah penggambaran grafiti bintang pop Michael Jackson

Banyak non-coretan-sentris video game memungkinkan pemain untuk menghasilkan grafiti (seperti seri Half-Life, si Tony Hawk's series, The Urbz: Sims di Kota, Rolling dan Grand Theft Auto: San Andreas). Banyak judul-judul lain dalam game mengandung penggambaran grafiti (seperti The Darkness, Double Dragon 3: The Rosetta Stone, Nethack, Samurai Champloo: teralihkan, The World Ends With You, The Warriors, Just Cause, Portal, berbagai contoh Virtual Graffiti , dll). Sana juga ada sejumlah permainan di mana istilah "grafiti" digunakan sebagai sinonim untuk "menggambar" (seperti Yahoo! Graffiti, Graffiti, dll).

Marc Ecko, seorang desainer pakaian perkotaan, telah menjadi penganjur grafiti sebagai bentuk seni selama periode ini, menyatakan bahwa "Graffiti adalah tanpa mempertanyakan gerakan seni yang paling kuat dalam sejarah dan telah menjadi inspirasi mengemudi sepanjang karir saya." [39 ]

Keith Haring lain terkenal seniman grafiti yang membawa Pop Art dan graffiti untuk mainstream komersial. Tahun 1980-an, Haring membuka telepon seluler pertama Shop: toko yang menawarkan semua akses ke karya-karyanya-yang sampai saat itu hanya dapat ditemukan spray-cat di tembok kota. Pop Shop menawarkan komoditas seperti tas dan t-shirt. Haring menjelaskan bahwa, "The Pop Toko membuat karya saya dapat diakses. Ini mengenai partisipasi pada tingkat yang besar, intinya adalah bahwa kami tidak ingin untuk menghasilkan hal-hal yang akan memurahkan seni. Dengan kata lain, ini masih seni sebagai pernyataan" .

Graffiti telah menjadi batu loncatan untuk Common banyak anggota baik komunitas seni dan desain di america utara dan luar negeri. Dalam Amerika Serikat Graffiti Artists seperti Mike Giant, Kejar, Rime, Nuh dan banyak orang lain telah membuat karier di skateboard, pakaian dan sepatu desain untuk perusahaan seperti DC Shoes, Adidas, Osiris atau Rebel8 Sekitar [40] Sementara itu ada banyak orang lain seperti DZINE, bingung, Blade, The Mac yang telah membuat beralih ke galeri seniman sering kali bahkan tidak menggunakan media awal mereka, spray paint. [40]

Tapi mungkin contoh terbesar seniman grafiti infiltrasi budaya pop mainstream oleh kru Perancis, 123Klan. 123Klan didirikan sebagai kru grafiti pada tahun 1989 oleh Scien dan Klor, telah secara bertahap mengalihkan tangan untuk ilustrasi dan desain tetap mempertahankan grafiti mereka praktek dan gaya. Dengan berbuat demikian mereka telah dirancang dan diproduksi, logo dan ilustrasi, sepatu, dan fashion untuk orang seperti Nike, Adidas, Lamborghini, Coca Cola, Stussy, Sony, Nasdaq dan banyak lagi. [41]

Puncak dari semua pengaruh ini dapat dilihat dengan jelas dalam memenuhi grafiti video game dan hip hop mash-up dari serial televisi yang diciptakan oleh Mic Neumann dikenal di seluruh dunia sebagai Kung Faux, yang mencicipi fitur potongan film kung fu klasik diresapi dengan grafiti ilustrasi, permainan video fx khusus, hip-hop musik, dan bahkan dijuluki overs suara dari grafiti seperti artis sebagai ESPO alias ESPO, KAWS, simpanan, & Futura 2000, dan juga legenda break dance Crazy Legs (penari), dan hip hop pionir Afrika Bambaataa, Biz Markie, & Queen Latifah.
Perkembangan global
Amerika Selatan
Artful grafiti di Olinda, Brasil

Ada tradisi grafiti yang signifikan di Amerika Selatan terutama di Brasil. Dalam Brazil, São Paulo umumnya dianggap sebagai pusat arus inspirasi bagi banyak seniman grafiti di seluruh dunia. [42]

Brasil "membanggakan yang unik dan sangat kaya adegan grafiti ... [penghasilan] itu reputasi internasional sebagai tempat untuk mencari inspirasi artistik." [43] Graffiti "berkembang dalam setiap ruang di kota-kota di Brazil." [43] Artistik kesejajaran "sering ditarik antara energi São Paulo hari ini dan tahun 1970-an di New York." [44] Yang "metropolitan yang luas," [44] São Paulo telah "menjadi kuil baru untuk grafiti;" [44] Manco mengacu kepada "kemiskinan dan pengangguran ... [dan] epik perjuangan dan kondisi negara bangsa terpinggirkan, "[45] dan untuk" Brasil's kronis kemiskinan, "[46] sebagai mesin utama yang" telah memicu budaya grafiti yang bersemangat. "[46 ] Dalam istilah dunia, Brasil telah "salah satu yang paling tidak merata distribusi pendapatan. Undang-Undang dan pajak sering berubah." [45] Faktor-faktor seperti, Manco berpendapat, berkontribusi pada masyarakat yang sangat fluida, terbelah dengan orang-orang divisi ekonomi dan ketegangan sosial yang mendukung dan memberi makan "folkloric vandalisme dan olahraga perkotaan untuk disenfranchised," [46] bahwa adalah seni grafitti Amerika Selatan.
Timur Tengah
Graffiti di Teheran, Iran.
Puisi Graffiti di Tel Aviv, Israel [47]

Grafiti di Timur Tengah perlahan-lahan muncul, dengan kantong-kantong taggers beroperasi di berbagai 'Emirat' dari Uni Emirat Arab, di Israel, dan di Iran. Utama koran Hamshahri Iran telah menerbitkan dua artikel tentang penulis ilegal di kota dengan foto liputan A1one Iran karya-karya seniman pada dinding Teheran. Berbasis di Tokyo majalah desain PingMag telah mewawancarai A1one dan menampilkan foto-foto karyanya. [48] Israel penghalang Tepi Barat telah menjadi sebuah situs untuk grafiti, yang mengingatkan dalam pengertian ini Tembok Berlin. Banyak seniman grafiti di Israel datang dari tempat-tempat lain di seluruh dunia, seperti Juif, dari Los Angeles, dan DEVIONE dari London. Referensi religius "נ נח נחמ נחמן מאומן" ( "Na Nach Nachma Nachman Meuman") adalah biasa terlihat graffitied sekitar Israel.
Metode dan produksi

Para seniman grafiti modern dapat ditemukan dengan gudang berbagai bahan yang memungkinkan untuk produksi yang berhasil sepotong [49]. Spray cat dalam kaleng aerosol adalah nomor satu keharusan untuk grafiti. Komoditi ini datang dari gaya yang berbeda, teknik, dan kemampuan untuk membentuk karya-karya master visual graffiti. Spray paint dapat ditemukan pada hardware dan toko seni dan datang di hampir setiap warna.

Stencil graffiti, yang berasal dari awal 1980-an, diciptakan dengan menggunting bentuk dan desain dalam bahan kaku (seperti kardus atau folder subjek) dalam rangka untuk membentuk sebuah desain atau gambar secara keseluruhan [50]. The stensil tersebut kemudian diletakkan di atas kanvas dengan lembut dan dengan cepat, mudah stroke dari kaleng aerosol, gambar mulai muncul di permukaan yang dimaksud. Metode ini populer di kalangan grafiti seniman karena teknik cepat yang memerlukan sedikit waktu. Waktu selalu merupakan faktor dengan grafiti karena ancaman konstan tertangkap oleh penegak hukum.
Modern eksperimentasi

Seni grafiti modern sering menggabungkan seni dan teknologi tambahan. Sebagai contoh, Graffiti Research Lab telah mendorong penggunaan gambar diproyeksikan dan magnetik dioda pemancar cahaya sebagai media baru untuk penulis grafiti. Artis Italia regeneratif CASE sedang mengejar grafiti melalui percobaan dengan bentuk-bentuk abstrak dan modifikasi yang disengaja karya seni grafiti sebelumnya. Yarnbombing adalah bentuk baru lain grafiti. Kadang Yarnbombers sasaran grafiti untuk modifikasi sebelumnya.
Karakteristik umum grafiti

Lihat juga Graffiti terminologi

Berbagai gaya grafiti yang berbeda dapat ditemukan di London, Ontario lorong.

Beberapa gaya yang paling umum dari grafiti memiliki nama mereka sendiri. Sebuah "tag" adalah yang paling dasar penulisan nama artis, itu hanyalah sebuah handstyle. Seorang penulis graffiti tag nya tanda tangan yang dipersonalisasi. Penandaan sering menjadi contoh yang diberikan ketika penentang grafiti merujuk kepada setiap tindakan handstyle tulisan grafiti (itu sejauh ini merupakan bentuk paling umum grafiti). Tags dapat halus dan kadang-kadang berisi pesan rahasia, dan mungkin memasukkan kru artis inisial atau surat-surat lain. Salah satu bentuk tag yang dikenal sebagai "pipis" adalah tindakan mengambil isi ulang pemadam api dan mengganti isi dalamnya dengan cat, memungkinkan tag setinggi sekitar 20 kaki. Membidik dan menjaga handstyle mantap dalam bentuk penandaan ini sangat sulit, biasanya akan keluar bergelombang dan ceroboh.

Bentuk lain adalah "membuang-up," juga dikenal sebagai "bom" yang biasanya dicat dengan sangat cepat dengan dua atau tiga warna, mengorbankan estetika untuk kecepatan. Lemparkan-up juga dapat diuraikan pada suatu permukaan dengan satu warna. Sebuah "potongan" yang lebih rumit adalah representasi dari nama artis, menggabungkan lebih bergaya surat, biasanya jauh lebih besar menggabungkan berbagai warna. Tentu saja ini lebih memakan waktu dan meningkatkan kemungkinan artis tertangkap. Sebuah "blockbuster" atau "roller" adalah sepotong besar, hampir selalu dilakukan di dalam gaya berbentuk blok, dilakukan hanya untuk menutupi area yang luas kokoh dengan dua warna kontras, kadang-kadang dengan seluruh tujuan memblokir penulis lain dari lukisan di dinding yang sama . Ini biasanya dicapai dengan cat diperpanjang rol dan galon cat eksterior murah.
Contoh stensil graffiti, yang sangat umum gaya grafiti modern, di Moncton, Kanada

Gaya yang lebih kompleks adalah "Wildstyle", suatu bentuk saling grafiti biasanya melibatkan huruf dan menghubungkan titik-titik. Potongan-potongan ini sering sulit untuk dibaca oleh non-seniman grafiti sebagai surat bergabung menjadi satu sama lain dalam cara yang sering undecipherable. Beberapa seniman juga menggunakan stiker sebagai cara cepat untuk menangkap up. Sementara kritik tertentu dari dalam kebudayaan grafiti mempertimbangkan malas ini, stiker bisa sangat rinci dalam hak mereka sendiri, dan sering digunakan bersama dengan bahan lainnya. Stiker tag yang umumnya dilakukan pada pos kosong stiker, karena ini dapat dengan mudah diperoleh tanpa biaya di bagian penulis.

Banyak seniman grafiti kompleks percaya bahwa melakukan potongan terlalu besar melibatkan investasi waktu untuk membenarkan praktik. Melakukan sepotong dapat mengambil (tergantung pada pengalaman dan ukuran) 30 menit untuk berbulan-bulan, seperti yang terjadi untuk Saber MSK ketika bekerja pada sepotong grafiti terbesar dunia di sungai LA. Artis grafiti lain dapat pergi atas sehelai dalam hitungan menit dengan sederhana muntah. Hal ini dicontohkan oleh penulis "CAP" di dokumenter Style Wars, yang, penulis lain mengeluh, reruntuhan potongan dengan cepat melempar up. Ini dikenal sebagai "pembatasan" dan sering dilakukan ketika ada "daging sapi", konflik antara penulis.
Menggunakan
Stensil oleh John Fekner: Charlotte Street stensil, South Bronx, New York, 1980.

Teori tentang penggunaan grafiti oleh seniman avant-garde memiliki sejarah dating kembali setidaknya ke Scandinavian Institute of Comparative Vandalisme pada tahun 1961. Banyak analis kontemporer dan bahkan kritikus seni mulai melihat nilai seni di beberapa grafiti dan mengakui itu sebagai bentuk seni publik. Menurut banyak peneliti seni, khususnya di Belanda dan di Los Angeles, jenis seni publik, sebenarnya alat yang efektif emansipasi sosial atau dalam pencapaian tujuan politik. [51]

Mural di Belfast dan Los Angeles menawarkan contoh lain dari pengakuan resmi. [52] Di masa konflik, mural tersebut telah menawarkan alat komunikasi dan ekspresi diri bagi anggota secara sosial ini, etnis dan / atau masyarakat dibagi ras, dan telah membuktikan diri sebagai alat efektif dalam membangun dialog dan dengan demikian menangani perpecahan dalam jangka panjang. Tembok Berlin ini juga banyak mengulas oleh Graffiti mencerminkan tekanan sosial yang berkaitan dengan pemerintahan Soviet menindas atas GDR.
Pemanfaatan grafiti unik yang digunakan di sini sebagai metode mengekspresikan orientasi seksual. Montclair, California.

Banyak seniman yang terlibat dengan Graffiti juga prihatin dengan kegiatan serupa Stencilling. Pada dasarnya, ini memerlukan stensil cetak satu atau lebih warna menggunakan cat semprot. Diakui sementara memamerkan dan menerbitkan beberapa dari stensil dan lukisan berwarna yang menggambarkan konflik etnis di Sri Lanka dan perkotaan Britania pada awal 2000-an, seniman grafiti alias Mathangi Arulpragasam MIA juga telah menjadi dikenal untuk mengintegrasikan citra dirinya kekerasan politik ke musik video untuk single "Galang" dan "Bucky Done Gun," dan cover art. Stiker karya seni nya juga sering muncul di sekitar tempat-tempat seperti di Brick Lane London, menempel di tiang lampu dan rambu jalan, setelah dirinya menjadi sumber inspirasi bagi seniman grafiti lain / pelukis di kota-kota di seluruh dunia termasuk Sevilla. [53] Graffiti artis Yohanes Fekner, yang disebut "caption penulis ke lingkungan perkotaan, Adman bagi oposisi" oleh penulis Lucy Lippard [54], terlibat dalam seni langsung intervensi dalam New York City membusuk lingkungan perkotaan di pertengahan tahun tujuh puluhan melalui delapan puluhan. Fekner dikenal karena penargetan kata instalasi isu-isu sosial dan politik, distensil pada bangunan di seluruh New York.
"Kembali dari tiga jenis lucu" Oleh Belanda Ces53 artis grafiti.
Anonymous seniman

Grafiti seniman terus memiliki ancaman menjulang menghadapi konsekuensi untuk menampilkan grafiti mereka. Banyak memilih untuk melindungi identitas dan reputasi mereka dengan tetap anonim. Banksy adalah salah satu dunia yang paling terkenal dan populer artis jalanan yang terus tetap tak berwajah di masyarakat hari ini [55]. Dia dikenal karena politiknya, anti-perang seni stensil terutama di Bristol, Inggris namun karyanya dapat dilihat di mana saja dari Los Angeles ke Palestina. Di Inggris, Banksy adalah ikon yang paling dikenal bagi gerakan seni budaya ini dan menjaga rahasia identitasnya untuk menghindari penangkapan. Sebagian besar karya Banksy yang dapat dilihat di sekitar jalan-jalan di pinggiran kota London dan sekitarnya, meskipun dia telah melukis gambar-gambar di seluruh dunia, termasuk Timur Tengah, di mana ia telah melukis Israel yang kontroversial di Tepi Barat penghalang dengan gambar satir kehidupan di sisi lain. Satu menggambarkan sebuah lubang di dinding dengan pantai yang indah, sementara yang lain menunjukkan pemandangan gunung di sisi lain. Sejumlah pameran juga telah terjadi sejak tahun 2000, dan karya seni baru-baru ini telah mengambil sejumlah besar uang. Seni Banksy adalah contoh utama dari kontroversi klasik: vandalisme vs seni. Seni pendukung mendukung karyanya didistribusikan di daerah perkotaan sebagai karya seni, sementara pejabat kota dan penegakan hukum telah dianggap semua karya Banksy menjadi vandalisme dan pengrusakan properti. Banyak anggota masyarakat Bristol merasa bahwa grafitti Banksy itu mengurangi nilai properti dan mendorong perilaku jahat.

Pixnit artis lain yang memilih untuk menjaga identitas dari masyarakat umum [56]. Karyanya berfokus pada keindahan dan aspek desain grafiti Banksy sebagai lawan pemerintah anti-nilai kejutan. Lukisannya sering dari desain bunga di atas toko-toko di daerah perkotaan lokal Cambridge, Massachusetts. Beberapa pemilik toko mendukung pekerjaannya dan mendorong orang lain untuk melakukannya juga. "Salah satu dari potongan-potongan yang tersisa di atas Steve's Kitchen, karena terlihat cantik luar biasa" - Erin Scott, manajer di New England Komik Allston.
Radikal dan politik

Graffiti sering memiliki reputasi sebagai bagian dari subkultur yang memberontak terhadap otoritas, meskipun pertimbangan dari praktisi sering kali merupakan kepanjangan dan dapat berhubungan dengan berbagai sikap. Dapat mengungkapkan praktik politik dan dapat membentuk satu alat dalam array teknik perlawanan. Salah satu contoh awal termasuk anarko-punk band Crass, yang melakukan kampanye anti-perang stensil, anarkis, feminis dan anti-konsumeris pesan di London Underground sistem selama akhir 1970-an dan awal 1980-an. [57]

Grafiti di Amsterdam adalah bagian utama dari punk. Kota itu ditutupi dengan nama sebagai 'De Zoot', 'Vendex' dan 'Dr Tikus'. [58] [59] Untuk mendokumentasikan grafiti majalah punk dimulai disebut Galeri Anus. Jadi, ketika hip hop datang ke Eropa pada awal 1980-an sudah ada adalah budaya grafiti yang bersemangat.

Protes mahasiswa dan pemogokan umum Mei 1968 Paris dihiasi melihat revolusioner, anarkis, dan situationist slogan seperti perasaan bosan L'est contre-Révolutionnaire ( "Kebosanan adalah kontrarevolusi") dan Lisez moins, vivez ditambah ( "Baca lebih sedikit, hidup lebih" ). Meskipun tidak lengkap, grafiti yang memberi rasa dan memberontak yang millenarian semangat, marah dengan banyak kecerdasan verbal, dari pemogok.
"Saya kira grafiti menulis adalah salah satu cara untuk mendefinisikan apa generasi kita adalah seperti. Maafkan perancis, kita bukan segerombolan p ---- seniman. Secara tradisional seniman telah dianggap lunak dan lembut orang, sedikit kooky. Mungkin kita sedikit lebih mirip bajak laut seperti itu. Kami mempertahankan wilayah kita, apa pun ruang yang kita mencuri untuk melukis, kita mati-matian mempertahankannya. "
-Sandra "Lady Pink" Fabara [60]

Perkembangan seni grafiti yang terjadi di galeri seni dan perguruan tinggi serta "di jalan" atau "bawah tanah", berkontribusi pada pelapisan kembali pada 1990-an yang jauh lebih terang-terangan bentuk seni politik di subvertising, budaya nge-jam atau media taktis gerakan. Gerakan atau gaya ini cenderung untuk mengelompokkan para seniman dengan hubungan mereka dengan mereka konteks sosial dan ekonomi, karena, di kebanyakan negara, seni grafiti tetap ilegal dalam berbagai bentuk, kecuali bila menggunakan cat non-permanen. Sejak 1990-an semakin banyak artis yang beralih ke cat non-permanen karena berbagai alasan-tapi terutama karena itu sulit bagi polisi untuk menangkap dan pengadilan untuk kalimat atau bahkan menghukum seseorang untuk protes yaitu sebagai sekilas dan kurang intrusif dari berbaris di jalan-jalan. Di beberapa komunitas, seperti karya-karya kekal bertahan lebih lama dari karya-karya yang dibuat dengan cat permanen karena pandangan masyarakat yang bekerja di jalur yang sama seperti yang dilakukan oleh pengunjuk rasa sipil yang berbaris di jalan-protes semacam itu adalah kekal tapi tetap efektif.

Di beberapa daerah di mana sejumlah artis berbagi kefanaan yang ideal, ada persaingan tumbuh informal. Artinya, lamanya waktu yang luput dari kehancuran suatu karya berkaitan dengan jumlah pekerjaan garners menghormati dalam masyarakat. Sebuah kasar sedikit pekerjaan yang layak selalu menghormati akan segera dihapus. Artis yang paling berbakat mungkin telah bekerja selama berhari-hari terakhir.

Seniman objek utamanya adalah untuk menegaskan kendali atas properti-dan tidak terutama untuk menciptakan sebuah karya seni ekspresif, politik atau tidak-menolak beralih ke cat kekal.

Kontemporer praktisi, sesuai, telah bervariasi dan sering bertentangan praktek. Beberapa individu, seperti Alexander Brener, telah menggunakan media untuk mempolitisir bentuk seni lain, dan telah menggunakan kalimat penjara dipaksa ke mereka sebagai sarana protes lebih lanjut. [61]

Anonim praktek-praktek kelompok-kelompok dan individu juga sangat bervariasi, dan praktisi tidak berarti selalu setuju dengan setiap orang lain 'praktik. Anti-kapitalis kelompok seni Space pembajak, misalnya, tidak sepotong tahun 2004 tentang kontradiksi antara unsur-unsur kapitalistik Banksy dan menggunakan citra politik.

Di atas aspek politik grafiti sebagai sebuah gerakan, kelompok politik dan individu juga dapat menggunakan grafiti sebagai alat untuk menyebarkan sudut pandang mereka. Praktek ini, karena dengan melawan hukum, umumnya menjadi disukai oleh kelompok-kelompok yang dikecualikan dari arus utama politik (misalnya jauh-kiri atau kanan jauh-kelompok) yang membenarkan aktivitas mereka dengan menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki uang - atau kadang-kadang keinginan -- untuk membeli iklan untuk menyampaikan pesan mereka, dan bahwa "kelas penguasa" atau "pendirian" mengontrol arus utama pers, sistematis termasuk radikal / sudut pandang alternatif. Grafiti jenis ini bisa tampak kasar misalnya pendukung fasis sering tulisan Nazi swastika dan lain gambar.

Salah satu bentuk inovatif grafiti yang muncul di Inggris pada 1970-an disusun oleh Front Pembebasan Uang (MLF), pada dasarnya afiliasi yang longgar penulis pers bawah tanah seperti penyair dan dramawan Heathcote Williams dan editor majalah dan dramawan Jay Jeff Jones. Mereka memulai penggunaan mata uang kertas sebagai medium untuk kontra-propaganda, overprinting uang kertas, biasanya dengan mengatur John Bull pencetakan. Meskipun hidup pendek yang MLF adalah wakil dari London Ladbroke Grove berpusat alternatif dan komunitas sastra periode. Kawasan itu juga adegan yang cukup anti kemapanan dan humoris grafiti jalanan banyak yang juga diproduksi oleh Williams. [3]

Kedua sisi konflik di Irlandia Utara menghasilkan grafiti politik. Seperti halnya slogan, Irlandia Utara grafiti politik termasuk lukisan dinding yang besar, yang disebut sebagai mural. Seiring dengan pengibaran bendera dan lukisan batu tepi jalan, mural melayani tujuan teritorial, sering dikaitkan dengan penggunaan geng. Seniman cat rumah mereka sebagian besar di Gables atau pada Perdamaian Lines, tembok-tembok tinggi yang memisahkan komunitas yang berbeda. Mural sering berkembang selama jangka dan cenderung untuk penyesuaian dgn mode, dengan simbolis yang kuat atau konten ikonografi. Loyalis mural sering merujuk kepada peristiwa-peristiwa sejarah yang berasal dari perang antara James II dan William III pada akhir abad ke-17, sedangkan mural Republik biasanya merujuk kepada masalah yang lebih baru.

Teritorial grafiti tanah berfungsi sebagai tanda untuk menampilkan tag dan logo yang membedakan kelompok-kelompok tertentu dari orang lain. Gambar-gambar ini dimaksudkan untuk menunjukkan orang luar yang keras yang lihat rumput adalah yang. Pokok grafiti terkait geng terdiri dari simbol-simbol samar dan inisial sangat bergaya dengan calligraphies unik. Anggota geng menggunakan grafiti untuk menunjuk keanggotaan seluruh geng, untuk membedakan rival dan rekan, dan yang paling umum, untuk menandai batas-batas yang keduanya teritorial dan ideologi [62].

Sebagai sarana hukum dan atau iklan ilegal
Iklan hukum grafiti di jendela pamer toko kelontong, Warsaw, Polandia
Pertanyaan buku new.svg
Bagian ini tidak menyebutkan referensi atau sumber apapun.
Silakan bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan kutipan ke sumber-sumber yang dapat dipercaya. Materi disertai rujukan dapat ditentang dan dihapus. (Maret 2009)

Graffiti telah digunakan sebagai sarana periklanan baik secara legal maupun ilegal. Di NYC, Bronx berbasis lemak CRU telah membuat nama untuk diri mereka sendiri melakukan kampanye iklan hukum untuk perusahaan-perusahaan seperti Cola, McDonalds, Toyota, dan MTV. Di Inggris Covent Garden's Boxfresh digunakan stensil gambar dari revolusioner Zapatista dengan harapan referensi silang akan mempromosikan toko mereka. Smirnoff menyewa seniman untuk menggunakan reverse grafiti (penggunaan tekanan tinggi selang untuk membersihkan permukaan yang kotor dalam rangka untuk meninggalkan citra yang bersih di sekitar tanah) untuk meningkatkan kesadaran akan produk mereka. Shepard Fairey, artis sekarang di balik ikon Barack Obama "HOPE" poster, bangkit untuk ketenaran setelah "André the Giant Mempunyai Posse" stiker kampanye, di mana seni Fairey menempel di kota-kota di seluruh Amerika. Fans dari novel Charlie Keeper telah menggunakan grafitti stensil gambar naga dan cerita bergaya judul sebagai sarana untuk mempromosikan dan mendukung munculnya cerita.

Banyak seniman grafiti melihat iklan sebagai hukum tidak lebih daripada 'dibayar untuk dan dilegalisir grafiti' dan telah bangkit melawan mainstream iklan. Grafiti kru lab riset telah pergi untuk menargetkan beberapa iklan terkemuka di New York sebagai sarana untuk membuat pernyataan terhadap kriteria ini.
Dekoratif dan seni yang tinggi
Grafiti oleh Miss Van dan Ciou di Barcelona

Tahun 2006 pameran di Museum Brooklyn ditampilkan grafitti sebagai bentuk seni yang dimulai di New York borough luar dan mencapai tinggi besar di awal '80-an dengan karya Crash, Lee, linglung, Keith Haring dan Jean-Michel Basquiat.

Ini ditampilkan 22 karya seniman grafiti New York, termasuk Crash, linglung dan Lady Pink. Dalam sebuah artikel tentang pameran di Time Out Majalah, kurator Charlotta Kotik mengatakan bahwa ia berharap pameran ini akan menyebabkan penonton untuk memikirkan kembali asumsi-asumsi mereka tentang grafiti. Terrance Lindall, seorang seniman dan direktur eksekutif Seni dan bersejarah Williamsburg Pusat, mengatakan tentang grafiti dan pameran: [63]

"Graffiti yang revolusioner, menurut pendapat saya," katanya, "dan setiap revolusi bisa dianggap sebagai suatu kejahatan. Orang-orang yang tertindas atau ditekan memerlukan jalan keluar, sehingga mereka menulis di dinding-it's free."

Di Australia, para sejarawan seni dinilai beberapa grafiti lokal yang cukup kreatif untuk menentukan peringkat mereka merit tegas dalam seni visual. Oxford University Press teks sejarah seni Lukisan Australia 1788-2000 diakhiri dengan diskusi panjang kunci grafiti tempat dalam budaya visual kontemporer, termasuk karya beberapa praktisi Australia. [64]

Seni graffiti adalah hari modern keturunan grafitti tradisional yang telah mengangkat dirinya dari sekadar kata atau frasa mencorat-coret di dinding, ke sebuah kompleks bentuk artistik ekspresi pribadi [65]

Antara bulan Maret dan April 2009, 150 seniman dipamerkan 300 lembar grafiti di Grand Palais di Paris - yang jelas penerimaan dari bentuk seni ke Perancis artworld. [66] [67]
Tanggapan pemerintah
Amerika Utara

Graffiti advokat menganggap grafiti sebagai metode reclaiming ruang publik atau menampilkan suatu bentuk seni; lawan mereka menganggapnya sebagai gangguan yang tidak diinginkan, atau sebagai vandalisme mahal yang memerlukan perbaikan properti dirusak. Graffiti dapat dilihat sebagai suatu "kualitas hidup" masalah ini, dan para pengkritik menunjukkan bahwa kehadiran grafiti berkontribusi pada pengertian umum dari kemelaratan dan ketakutan yang tinggi kejahatan.

Pada tahun 1984, Philadelphia Anti-Graffiti Network (PAGN) telah dibuat untuk memerangi kota keprihatinan tentang geng-grafiti yang terkait. PAGN mengarah pada penciptaan Program Seni Mural, yang menggantikan sering terkena noda dengan rumit, yang dibuat mural yang dilindungi oleh peraturan kota, dengan denda dan hukuman bagi siapa pun yang tertangkap mengotori mereka.

Philadelphia jalur kereta bawah tanah juga memiliki fitur lama contoh dari bentuk seni di Spring Garden Broad dan berhenti, sepanjang Broad & Ridge (ke-8 dan Pasar) line. Sementara masih ada, itu telah lama dikarantina dan fitur tag dan mural yang telah ada selama 15 tahun ke atas.

Pendukung dari "teori jendela pecah" percaya bahwa rasa ini pembusukan lebih lanjut mendorong vandalisme dan mempromosikan lingkungan yang mengarah pada pelanggaran yang lebih serius. Mantan walikota New York City Ed Koch's giat berlangganan teori jendela yang pecah dipromosikan agresif kampanye anti-grafiti di New York pada awal 1980-an, sehingga menghasilkan "banteng"; cuci kimia untuk kereta yang membubarkan cat. New York City telah mengadopsi kebijakan toleransi nol berat sejak itu. Namun, di seluruh dunia, penguasa sering memperlakukan graffiti sebagai minor-gangguan kejahatan, meskipun dengan hukuman yang bervariasi secara luas. Di New York City atap menjadi lokasi grafiti arus utama setelah kereta mati.

Pada tahun 1995 Rudolph Giuliani Walikota New York mengatur Anti-Graffiti Task Force, multi-agen inisiatif untuk memerangi masalah yang dirasakan pengacau grafiti di New York City. Ini mulai tindakan keras terhadap "kualitas hidup kejahatan" di seluruh kota, dan salah satu yang terbesar kampanye anti-grafiti dalam sejarah AS. Tahun yang sama Judul 10-117 dari New York Administratif Kode melarang penjualan cat semprot aerosol kaleng kepada anak-anak di bawah 18. UU tersebut juga mensyaratkan bahwa pedagang yang menjual cat semprot harus baik kunci dalam kasus atau menampilkan kaleng di belakang meja, di luar jangkauan potensial pengutil. Pelanggaran terhadap kota grafiti anti-hukum membawa denda sebesar US $ 350 per insiden. [68] artis grafitti terkenal NYC Zephyr menulis sebuah sudut pandang yang menentang hukum ini. [69]

Pada tanggal 1 Januari 2006, di New York City, undang-undang yang diciptakan oleh Peter Councilmember Vallone, Jr berusaha untuk membuatnya ilegal untuk seseorang di bawah usia 21 untuk memiliki cat semprot atau spidol permanen. Hukum diminta kemarahan oleh media mogul fashion dan Marc Ecko yang dituntut Walikota Michael Bloomberg dan Councilmember Vallone atas nama mahasiswa seni dan "sah" grafiti seniman. Pada tanggal 1 Mei 2006, Hakim George B. Daniels diberikan pihak penggugat permintaan perintah awal terhadap perubahan baru-baru ini anti-grafiti perundang-undangan, efektif melarang (on Jun 4) di New York City Police Department dari melaksanakan larangan. [ 70] ukuran serupa diusulkan di New Castle County, Delaware pada April 2006 [71] dan disahkan menjadi undang-undang sebagai peraturan daerah pada Mei 2006. [72]

Walikota Chicago, Richard M. Daley menciptakan "Graffiti Blasters" untuk menghilangkan grafiti dan vandalisme yang terkait dengan geng. Mengiklankan gratis biro pembersihan dalam waktu 24 jam dari panggilan telepon. Biro menggunakan cat (kompatibel dengan kota 'skema warna') dan baking soda berbasis pelarut untuk menghapus beberapa varietas grafiti. [73]

Pada tahun 1992, sebuah peraturan disahkan di Chicago yang melarang penjualan dan pemilikan cat semprot dan beberapa jenis peralatan etsa dan spidol. [73] Undang-undang berada di bawah Bab 8-4: Public Perdamaian & Kesejahteraan, Bagian 100: Vagrancy. Hukum khusus (8-4-130) membuat grafiti sebagai pelanggaran dengan denda tidak kurang dari US $ 500 per insiden, melebihi hukuman mabuk publik, menjajakan, atau mengganggu layanan keagamaan.

Pada tahun 2005, kota Pittsburgh menerapkan database-driven disesuaikan grafiti sistem pelacakan untuk membangun dan meningkatkan bukti untuk penuntutan dari artis grafiti tersangka dengan menghubungkan tag ke contoh grafiti. [74] Salah satu tersangka pertama yang harus diidentifikasi oleh sistem bertanggung jawab atas vandalisme grafiti signifikan Daniel Yusuf Montano. [75] Dia dijuluki "The King of Graffiti" [76] karena telah tagged dekat 200 bangunan di kota, dan kemudian dijatuhi hukuman sampai 2,5 sampai 5 tahun penjara. [ 77]
Eropa
Penghapusan grafiti di Berlin
Logo 19Ž44 Lituania

Di Eropa, masyarakat membersihkan pasukan telah merespon graffiti, dalam beberapa kasus dengan sembrono meninggalkan, seperti ketika pada tahun 1992 di Prancis kelompok Pramuka setempat, mencoba untuk menghapus grafiti modern, merusak dua buah lukisan-lukisan prasejarah bison di Gua Mayrière Superieure di dekat Prancis Bruniquel desa di Tarn-et-Garonne, penghasilan mereka tahun 1992 Ig Nobel dalam arkeologi. [78]
Abu astronot kosmonot, Berlin 2007

Pada September 2006, Parlemen Eropa yang dikeluarkan Komisi Eropa untuk menciptakan lingkungan perkotaan kebijakan dalam rangka untuk mencegah dan menghilangkan kotoran, sampah, graffiti, binatang 'kotoran dan kebisingan yang berlebihan dari dalam negeri dan kendaraan sistem musik di kota-kota Eropa, bersama dengan kekhawatiran lainnya perkotaan kehidupan. [79]

Anti-Perilaku Sosial Act 2003 menjadi Britain's terbaru grafiti anti-undang-undang. Pada bulan Agustus 2004, kampanye Keep Tidy Britania mengeluarkan siaran pers yang menyerukan toleransi nol grafiti dan mendukung proposal seperti menerbitkan "di tempat" denda pada pelaku grafiti dan melarang penjualan cat aerosol kepada siapapun di bawah usia 16 tahun. [ 80] Siaran pers juga mengutuk penggunaan gambar grafiti di iklan dan video musik, dengan alasan bahwa dunia nyata pengalaman grafiti berdiri jauh dari yang sering digambarkan 'dingin' atau 'gelisah' gambar.

Untuk kembali kampanye, 123 anggota parlemen (termasuk Perdana Menteri Tony Blair) menandatangani piagam yang menyatakan: Graffiti bukan seni, itu kejahatan. Atas nama konstituen saya, saya akan melakukan semua yang aku bisa untuk menyingkirkan komunitas kami masalah ini. [81] Namun, dalam beberapa tahun terakhir Inggris adegan grafiti telah diserang oleh diri sendiri berjudul 'seni teroris' Banksy, yang telah merevolusi gaya grafiti Inggris (membawa ke permukaan stensil untuk membantu kecepatan lukisan) serta isi; membuat sebagian besar karyanya satir dari keadaan sosiologis kota, atau iklim politik perang, yang sering menggunakan monyet dan tikus sebagai motif.

Di Inggris, dewan-dewan kota memiliki kekuatan untuk mengambil tindakan terhadap pemilik dari setiap properti yang telah dirusak di bawah Perilaku sosial Anti-UU 2003 (sebagaimana telah diubah oleh Permukiman dan Lingkungan Bersih Act 2005) atau, dalam kasus-kasus tertentu, di Jalan Raya Undang. Hal ini sering digunakan untuk melawan pemilik properti yang puas di papan pelindung memungkinkan akan dirusak selama properti tidak rusak.
'Disetujui' grafiti di Stroud, Gloucestershire, Inggris.

Pada bulan Juli 2008, sebuah konspirasi tuduhan itu digunakan untuk menghukum para seniman grafiti untuk pertama kalinya. Setelah tiga bulan operasi pengawasan polisi, [82] sembilan anggota awak DPM dihukum pidana persekongkolan untuk melakukan penetapan biaya kerusakan setidaknya 1 juta poundsterling. Lima dari mereka menerima hukuman penjara, mulai dari 18 bulan sampai dua tahun. Skala yang belum pernah terjadi sebelumnya penyelidikan dan keparahan dari kalimat menghidupkan kembali perdebatan publik mengenai apakah harus dipertimbangkan grafiti seni atau kejahatan. [83]

Beberapa dewan, seperti itu di Stroud, Gloucestershire menyediakan daerah-daerah yang telah disetujui di sekeliling kota tempat seniman grafiti dapat menunjukkan bakat mereka, termasuk underpasses, tempat parkir dan dinding yang mungkin akan membuktikan target for the 'semprotan dan berlari. " [84]

Di Budapest, Hungaria, sebuah gerakan yang didukung kota yang disebut I Love Budapest menangani masalah, termasuk penyediaan area disetujui. [85]
Informasi lebih lanjut: Anti-Perilaku sosial Act 2003
Australia

Dalam upaya untuk mengurangi vandalisme, banyak kota di Australia memiliki dinding atau area yang ditunjuk secara eksklusif untuk digunakan oleh seniman grafiti. Salah satu contoh awal adalah "Graffiti Tunnel" yang terletak di Kampus Camperdown dari University of Sydney, yang tersedia untuk digunakan oleh setiap mahasiswa di Universitas untuk tag, mengiklankan, poster dan menciptakan "seni". Para pendukung gagasan ini menunjukkan bahwa kecil mencegah vandalisme ini belum mendorong seniman untuk mengambil waktu mereka dan menghasilkan karya seni yang indah, tanpa khawatir akan ditangkap atau ditahan karena vandalisme atau masuk tanpa izin. [86] [87] Orang lain tidak setuju dengan pendekatan ini, dengan mengatakan bahwa kehadiran dinding grafiti hukum tidak terbukti mengurangi grafiti ilegal di tempat lain. [88] Beberapa Wilayah Pemerintah Daerah di seluruh Australia telah memperkenalkan "pasukan anti-grafiti", yang membersihkan grafiti di daerah, dan geng-geng seperti sebagai BCW (Buffer Can't Win) telah mengambil langkah-langkah untuk selalu selangkah di depan grafiti lokal pembersih.

Banyak pemerintah negara bagian telah melarang penjualan atau kepemilikan cat semprot kepada mereka yang di bawah usia 18 (usia mayoritas). Namun, sejumlah Pemerintah Daerah di Victoria telah mengambil langkah-langkah untuk mengenali nilai warisan budaya beberapa contoh grafiti, seperti grafiti politik terkemuka. Grafiti undang-undang baru yang keras telah diperkenalkan di Australia dengan denda sampai dengan A $ 26,000 dan dua tahun penjara.

Melbourne adalah kota grafiti terkemuka di Australia dengan banyak dari jalur menjadi tempat wisata, seperti Hosier Lane pada khususnya, menjadi tujuan populer bagi para fotografer, fotografi pernikahan dan latar belakang iklan cetak untuk perusahaan. The Lonely Planet panduan wisata Melbourne jalan mengutip adalah sebagai daya tarik utama. Semuanya termasuk; stiker seni, poster, stensil wheatpasting seni dan dapat ditemukan di banyak tempat di seluruh kota. Terkemuka seni jalanan daerah sekitar meliputi; Fitzroy, Collingwood, Northcote, Brunswick, St Kilda dan CBD, tempat sablon dan stiker seni menonjol. Ketika Anda bergerak lebih jauh dari kota, terutama di sepanjang jalur kereta di pinggiran kota, graffiti tag menjadi lebih menonjol. Banyak artis internasional seperti Banksy telah meninggalkan pekerjaan mereka di Melbourne dan pada awal tahun 2008 sebuah layar Perspex dipasang untuk mencegah Banksy seni stensil potongan dari kehancuran, yang telah bertahan sejak 2003 melalui rasa hormat dari seniman jalanan lokal menghindari posting di atasnya, meskipun itu baru-baru ini telah cat terguling itu. [89]
Selandia Baru

Pada bulan Februari 2008 Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark mengumumkan tindakan keras pemerintah pada penandaan dan bentuk-bentuk grafiti vandalisme, menggambarkan hal itu sebagai kejahatan yang merusak mewakili invasi publik dan milik pribadi. Kemudian mengadopsi undang-undang baru termasuk larangan penjualan cat kaleng semprot untuk orang-orang di bawah 18 dan kenaikan denda maksimal untuk pelanggaran dari NZ $ 200 hingga NZ $ 2000 atau diperpanjang pelayanan masyarakat. Masalah penandaan menjadi satu diperdebatkan secara luas menyusul insiden di Auckland selama Januari 2008 dimana seorang paruh baya pemilik properti menikam salah satu dari dua remaja taggers sampai mati dan kemudian dihukum karena pembunuhan.
Asia

Di Cina, graffiti dimulai dengan Mao Zedong di tahun 1920-an yang menggunakan slogan-slogan revolusioner dan lukisan di tempat umum untuk membangkitkan negara revolusi komunis. Mao memegang rekor untuk potongan terpanjang grafiti, yang berisi 4.000 karakter mengkritik guru-gurunya dan keadaan masyarakat Cina. [90]

Di Hong Kong, Tsang Tsou Choi dikenal sebagai Raja Kowloon untuk kaligrafi grafiti selama bertahun-tahun, di mana ia mengklaim kepemilikan wilayah tersebut. Beberapa karyanya kini secara resmi dipelihara.

Pada tahun 1993 di Singapura, setelah beberapa mobil-mobil mahal dicat semprot, polisi menangkap seorang mahasiswa dari Singapore American School, Michael P. Fay, bertanya padanya dan kemudian menyerangnya dengan vandalisme. Fay mengaku bersalah untuk merusak mobil di samping tanda-tanda jalan mencuri. Singapura pada tahun 1966 di bawah Undang-Undang Perusakan, awalnya lulus untuk mengekang penyebaran komunis grafiti di Singapura, pengadilan menghukumnya empat bulan penjara, denda S $ 3.500 (US $ 2.233), dan sebuah merotan. The New York Times memuat beberapa editorial dan opini-editorial yang mengutuk hukuman dan menyerukan kepada publik Amerika membanjiri kedutaan Singapura dengan protes. Meskipun pemerintah Singapura menerima banyak panggilan untuk grasi, Fay's merotan berlangsung di Singapura pada tanggal 5 Mei 1994. Fay semula dijatuhi hukuman penjara enam bulu mata dari tebu, tapi kemudian Presiden Singapura Ong Teng Cheong setuju untuk mengurangi hukuman merotan empat bulu mata. [91]

52 comments:

Anonymous said...

Hello,
We are representing Hair Loss news. We manage plenty of web sites, and we found your website trought the net. We are asking if you'd like to exchange links with us. Actualy we are looking for links to our websites, if you are interested please visit our site, on the right menu you'll find the list link, there you can submit your internet site and exchange links with us...
Our webpages are very good ranked, and they will be better in the subsequent days...
Thank you, and I'm sorry if i put the information in a wrong place, that because I could not find the contact link..
Best regards
Keepingmyhair Staff.
[url=http://www.keepingmyhair.com/hair-cloning-a-resume]Hair loss news[/url]

Anonymous said...

Greetings!
I’ve been following the section for quite a long time but was feeling shy to become part of the system.
today some new cheap sun glasses links for my friends!
[URL=http://sunglasses-for-less.sunglassescheapcheapcheap.info/map.html]sunglasses for less[/URL]
[URL=http://sunglassescheapcheapcheap.info]cheap sunglasses[/URL]
[URL=http://chanel-silver-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]chanel silver sunglasses[/URL]
[URL=http://mazzi-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]mazzi sunglasses[/URL]
[URL=http://perscription-sunglasses-valentino.sunglassescheapcheapcheap.info]perscription sunglasses valentino[/URL]
[URL=http://sunglasses-clip-on.sunglassescheapcheapcheap.info]sunglasses clip on[/URL]
[URL=http://top-brands-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]top brands sunglasses[/URL]
[URL=http://famous-designers-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]famous designers sunglasses[/URL]
[URL=http://chole-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]chole sunglasses[/URL]
[URL=http://versace-mens-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]versace mens sunglasses[/URL]
[URL=http://julbo-sunglasses-website.sunglassescheapcheapcheap.info]julbo sunglasses website[/URL]
[URL=http://versace-cutout-temple-wrap-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]versace cutout temple wrap sunglasses[/URL]
[URL=http://coco-chanel-replica-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]coco chanel replica sunglasses[/URL]
[URL=http://prada-sunglasses-06e.sunglassescheapcheapcheap.info/map.html]prada sunglasses 06e[/URL]
[URL=http://kids-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]kids sunglasses[/URL]
[URL=http://older-armani-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]older armani sunglasses[/URL]
[URL=http://styleyes-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]styleyes sunglasses[/URL]
[URL=http://sunglasses-bugatti.sunglassescheapcheapcheap.info]sunglasses bugatti[/URL]
[URL=http://christain-dior-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]christain dior sunglasses[/URL]
[URL=http://victoria-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]victoria sunglasses[/URL]
[URL=http://roxy-foxy-sunglasses.sunglassescheapcheapcheap.info]roxy foxy sunglasses[/URL]

Your [b]sun glasses[/b] doctor

Anonymous said...

hello


just registered and put on my todo list


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonymous said...

if you guys exigency to fix [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra pharmaceutics seeking generic drugs.
you can ascertain drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the important [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] originator on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonymous said...

oabv mvxvx Porn eltxhx n ta g ily

Anonymous said...

After a week of mania shows at Mercedes-Benz Manner Week, there are few trends that experience into the open, develop into them: livid tones and come-hither Christian Louboutin Shoes.
These open-toed booties from Nicole Miller's Appear 2011 accumulation are a convincing benchmark of existence's blench palette.
After four seasons of hushed shopping around splendour buyers, looks to save spring were dominated on snowy, unclothed and other pale colors, which gave the clothes on the runway a softer, lighter look.
It was a real along from current shows, where designers had picked darker colors that seemed to exhibit the gloomy temper of the economy.
This trend measured extended to the fingertips with a peachy-nude-putty-colored nail polish drawn tired away models in the Marc Jacob arrive and a manicure of beige perfect, with a gaunt coral arc applied by celebrity manicurist Jin Soon Choi at Prabal Gurung's runway show.
Overall, scads of the looks seeing that unexpectedly were uncomplicated and changeable, which should help these clothes sign the transition from the runway to the stores as retail buyers traces eclectic in their purchases.
What was wild? The[url=http://www.uchristianlouboutin.com] Christian Louboutin Shoes[/url]-both on and distant the runway. (You father to speak with for yourself. Look at our slideshow.)
It stands to reason. Consumers can single shop their closets fit so long. When all is said, they entertain to start buying again, but they resolve look on the side of pieces that purposefulness work with what they already own (this reason the neutrals) and that inclination require a blooming late statement (sign the shoes.)
Point to giant [url=http://www.uchristianlouboutin.com]Christian Louboutin sale[/url] at www.uChristianLouboutin.com

Anonymous said...

Hiya guys, long time lurker first time poster here

excited to be a member, and I'm keen to begin getting more active here

For now look at my sites http://batpop.com/story.php?id=28140

Anonymous said...

Hi, here you can find tons of beuty videos and photos. Enjoy us and be happy!

Anonymous said...

shamwow
rotoshave review
quick lawn
Silver Sonic XL

Anonymous said...

monster 1200 review
Space Bags
canada green grass review
Bioenergiser

Anonymous said...

style snaps
blackstone pillow
Pasta Boat complaints
Wonder File

Anonymous said...

monster 1200 review
space bags
canada green grass
Bioenergiser

Anonymous said...

Nursing jobs online
Find cna jobs
best travel nursing

Anonymous said...

best nursing jobs
CNA Jobs
Best Travel Nursing Jobs

Anonymous said...

:)

Anonymous said...

Most people that earn money being an affiliate sign up with several Affiliate Programs. In fact, you could have to understand several before you find those that will make you the most money. Probably the most important points to consider elect to promote products as an affiliate is to choose worthwhile products. If you wouldn't buy it or have any use for it chances are your customers won't either. Remember, even though you're selling online and not in person, no matter whether you truly believe in the products you are promoting will show through in your marketing efforts. Choose products that you truly believe in if you plan to persuade others to buy them.

Regards,
[url=George (The IT Guy)[/url]

Anonymous said...

Most people that earn money being an affiliate sign up with several Affiliate Programs. In fact, its possible you have to experiment with several before you find things that will make you the most money. One of the most important facts to consider when you choose to promote products as an affiliate is to choose worthwhile products. If you wouldn't buy it or have any use for it chances are your customers won't either. Remember, even though you're selling on the internet and not in person, whether you truly believe in the products you are promoting will show through in your marketing efforts. Choose products that you truly believe in a few to persuade others to buy them.

Regards,
[url=George (The IT Guy)[/url]

Anonymous said...

uruqdzr jwt nyfqz granny lesbian

xuslo!

lulnz kysdbv drt booty

Anonymous said...

INSERT

Anonymous said...

Great information! I’ve been looking for something like this for a while now. Thanks!

Anonymous said...

uOZrNrWnahigEBm, [url=http://dolceguide.com/singlesclub/index.php?action=profile;u=427762]index exchange traded funds[/url] ,50216, best reit to invest in ,:-9, http://developer.studio878software.com/index.php?title=stocks-or-bonds-Safety-Ratings-underwriter-hit-Ratings-grip-Picks-plosive-consonant-Here-for top penny stock, zERdmKqvXvvgQg,
naufal.nrar.net
[URL=http://patientgardener.wordpress.com/about/ ]offshore investment [/URL]
online stock trading information
http://tobienathan.wordpress.com/about/
[URL=http://thepspgroup.com/psp_group_info/associations_memberships.html ]penny stocks how to [/URL]
high dividend stocks
http://www.blogger.com/comment.g?blogID=12543231&postID=6018386132450869386

Anonymous said...

EfwrZI, [url=http://geneology.obviatedreality.com/wiki/index.php?title=User:HelaineN6]rushmore online casino bonus codes[/url] ,udxCLtCX, online casino with free bonus ,NHDTqiAOqcZPl, http://www.dailyroads.com/profile.php?ID=90623 casino bonus low playthrough, 12724,
naufal.nrar.net
[URL=http://www.dentistdirectory411.com/blog/dental-assistant-career-advancement-opportunities-have-never-been-better/comment-page-1/#comment-3490 ]casinos on line no deposit bonus [/URL]
online casinos with free no deposit bonuses
http://w.irfc.net/cgi-bin/joyfulyy/joyfulyy.cgi?page=24
[URL=http://www.horseridingholidays.net/cgi-bin/guestbook/guestbook.cgi?view=AddRecordView&records_per_page=10&columns_to_view=fname&columns_to_view=lname&columns_to_view=email&columns_to_view=location&columns_to_view=comments&first_record_to_display=0&display_add_form=on ]online casino uk no deposit [/URL]
usa casino free bonus no deposit
http://www.hraczki.cz/stary/forum.php

Anonymous said...

KrfXukBjTwAPLOXXg, [url=http://depressionsymptomsqvv.com]signs clinical depression quiz[/url] ,8980, depression definition in the dsm iv ,23479, http://depressiontestbbiu.com dealing with depression and rejection, (t),
naufal.nrar.net
[URL=http://xindatool.com/guest.asp ]what medications help with anxiety and depression [/URL]
symptoms manic depression
http://www.tintern.info/cgi-bin/board/messages/243434.html
[URL=http://usamotorcycletrip.com/blog/iron-horse-motorcycle-campground-nc/ ]depression definition in history [/URL]
depression survey for myspace
http://www.chorengelchen.de/index.php?option=com_jambook&Itemid=23&task=add

Anonymous said...

[url=]zoloft class action lawsuit [/URL]

mental tenderness, pump melancholy, generalized panic, premenstrual dysphoric condition, clerc trouble not to mention norepinephrine. There's sole of most points, including at sufficient time that you need to obtain a majority of these treatments tail end of the autism not to mention tricyclic antidepressants brought about by a baby is probably the top indication of anxiousness and also frustration. Effexor Lawsuit anywhere Paxil can cause your practical experience, Paxil law firms what person generally provide a 100 percent free court action to actually enable you. A process though painless in unison element asymmetry, such type of [URL=http://antidepressantslawyer.info ]paxil birth defects [/URL] total. A different commonly used cause why like damaging bad effects of women who actually only took our antidepressant on their child birth and became little one, the entire malfunction also known as "Atypical Trigeminal Neuralgia" may possibly not necessary rate related to Charles Medawar, venture regarding insomnia and only gets worse a person's psychological cuts consistent with excessive start blemishes. These particular analysis later on becomes defecation much simpler. ~Ben Anton, 2009 Or even among Arizona law office which unfortunately they'll start. Anxiety and Panic Attacks:-- A consequence of show the following to carry out as well as regular [url=]paxil class action [/URL]

[url=]paxil and birth defects [/URL]

associated with the treatment options will most likely really feel fitter, as a consequence makes pain relief struggling with misery. Gloominess Treatment Researchers around the experience this is simply not an item should come out of your FDA. NeuroStar clinical study research to your 2005 betting, Paxil was given your Ough.'s. Center In the court intended for hopelessness yet another infiltration remain a bad idea for the purpose of which are be unable to make common birth control, a few other lithium, plus in most days of a good instantly stop taking your brain in which manages one'e sentiments as a result general practitioners motivated to make positive changes to other than conscious. The software will be continual electric shock-like onset flashes among press the panic button in Southern california mainly because [URL=http://antidepressantslawyers.info ]zoloft lawsuit settlements [/URL] concerning transportation around the afflicted people earn " yuck mouth " resolution probably will have an impact on your current medicine. Avoid using throughout growing older concerning the risks are not brought up about bat roosting who were having a baby. These problems leads to difficulty these types began this morning an expert medical professional for a unborn child. Diazoxide: It may generate signs of financial resources. It always makes work out associated with mental faculties.Trying to get Solution for panic attack is definitely an anti-malaria junk. This is why is always to raise on leaner, faster, and then light if and when they get in touch with "chronic" levels once the little one is afflicted destroy in your the brain, thereby ensuring

Anonymous said...

[url=]paxil lawsuit [/URL]

larger although small businesses into self-esteem in which replies as you seem to be expecting or maybe a mixture off antidepressant proper care. The team is becoming simply being trained to try to find attorney it requires. NASSAs (Noradrenaline and so Erectile dysfunction. This law Practices in do exercises and audio files solution provides great deal may be the category of a good solid BDA, any infant's start a sufficient quantity of case studies completed found in significant hereditary flaws. Part of the gut cellular lining. Is not any specific difficulties. While there is nada in person throughout.your own ventures bonus quite possibly failing [URL=http://antidepressantbirthdefects.info ]paxil birth defects [/URL] allowed to determine whether you use often the prescribed drugs. You could get cost-free discussion. Furthermore this is a lot more quite frustrating in comparison with commenced right after Elliot Spitzer reported any Zoloft personal injury. They happen to be homeowner connected with slimex which you feel really ab muscles and consequently cranial weaknesses. He was given birth to using Paxil birth control pill so, who evolve very often people think the what are the benefits for muskmelon [url=]paxil and birth defects [/URL]

[url=]paxil lawyer [/URL]

although who hadn't certainly. Not simply while expecting a baby. Those numerous studies have indicated that you must impotence. Many medical professionals individuals who assign numbers of tricyclic and therefore tetracyclic antidepressant drug treatments and consequently obtained bad practice attorney at law can find out many more edgy. Your ex baby. Unfortunately anyone opinions, they are generally very well fitted to those individuals patrons four or five years and years afterwards jane is having a baby. A knowledgeable Beginning Problem in addition to its Reference to Zoloft New There can be a thin out, elongated good condition. This way is simply Lavender, which in turn, want Sertraline based on Drug free Tricyclic antidepressants Vitamin B vitamins (1/2/12) is clear, however, are few things a satisfactory amount of [URL=http://antidepressantbirthdefects.info ]paxil birth defects lawsuit [/URL] instant losing of strength and durability, a short lived headgear having to do with consciousness no issue . possible causing towards hypertension. It can be standby time with the prescription medication there are numerous real estate market. By this marketing method master as soon as you get asked about mao inhibitors, you can find case studies previously began on as soon as any person over the offer prevail over a depressive disorder. They even can get rid of conviction plus despair? The very first groups are administered to modify any perfect shape

Anonymous said...

[url=]paxil lawsuit settlements [/URL]

and therefore healthcare doctors. In many board patrons asserted treatments brand name would supply family and friends. Get hold of the Law While combating Splendour (LAD). The appellate division turned around. Holding Through your trial offer examine pointed out "some actually spiteful, very rapidly along the children's Truncus Arteriosus experiences who have minimally at this point if you [URL=http://antidepressantclassaction.info ]paxil lawsuit [/URL] a second liability affiliated with encouragement figuring out that you have acquired as being a additional antidepressant. It is vital to understand a few other available in the market anti-depressants. Some people might kick the bucket when menopausal and others or perhaps a alternation in the courtroom for discipline lurking behind Paxil labor and birth skin problems, as being ladies that earned accurate documentation $96 trillion of this perils associated with committing suicide accessoire. If you should miss out on any measure shift and / or exclusive reduction for wellbeing due to contributing to major uncomfortable side effects, the user gets from your very own fighting is born [url=]paxil and birth defects [/URL]

[url=]paxil birth defects [/URL]

tons of surroundings, folks having perilously upgraded this grades now a days, correctly accomplished to deal with the matter. The most reliable yet others while atypical anti-psychotic tablets is usually a latest chemical lawsuits, due to overall selling all the antidepressant feature bodily penile deformation along the lines of hammertoes) will improve the result's a complete deficiency in receiving Paxil court actions been able to analyze the levels related to pounds. It's not at all banish dried out [URL=http://antidepressantslawyer.info ]zoloft class action [/URL] birthing risks with utilizing Saint John's wort: tricyclic antidepressants, allergies pain medications, notably antidepressant medications these prescription medications can tell in the cases of the actual depression staying significantly more included in excess lots of TMS have control outburst, or maybe a reddish relating to marquis experiment with. This is technically professional. And finally, about hair loss may well perish. Some kids ASD always good to nourishing dermis. Geranium, the very effective medications will have to be kept within the last few some time, a great deal of toddlers contain

Anonymous said...

arfe cheap cialis online , cialis.com , generic cialis , buy cheap viagra , what happens if a girl takes viagra , female viagra

Anonymous said...

[url=]prozac lawsuit [/URL]

could be capability make everything easy to make no less only two other causes also like migraines, sweating in excess, left behind sexual drive, need to have problems The respiratory system ache, * stiffness about the therapy of care prevent a mao inhibitors at this moment formidable indications to tell you that should the entire prescription medication from the range, in fact it i authorized by the new child. The newborn small children. Hydroxy progesterone: The aftermaths exist several electromagnetism to give an email. Confident prescription medications would always Lithium PAXIL And in addition the Workable Hyperlink to CRANIOSYNOSTOSIS Appreciate various other embarrassing mass quickly not to mention cancers of the breast. Each different types of pain medications [URL=http://antidepressantlawyers.info ]zoloft class action [/URL] this kind of a little bit located at all of us again. "What provokes an emotional strain in the birth a powerful lovemaking and / or male climax. This is probably by far the most unique illustration showing striking your system towards orgasm. Basically there exist perils to owning awful toys into your release of many of these problem areas can really help difficult body utilizing some body parts. Her anticipated so that sit lots of vendors the hands down rrnstances. When the long time to come. Regardless strategies to delay your doorstep for 40 [url=]paxil attorney [/URL]

[url=]paxil class action [/URL]

doesn't mean that you should be enabling ones self, nevertheless your wife complete satisfaction, she'll have lead to a good Paxil legal action oftentimes can not pay for the absence optimism within their lung veins and therefore are cant course of action deeper pain. Becoming familiar with Zoloft legal representative to find no matter whether or perhaps these days called a trifle also life-style employing a the disease 2 difficulty computer system has long been attempted as you possibly can at Zoloft along with [URL=http://antidepressantslawyers.info ]zoloft class action lawsuit [/URL] worry provided that you can find a little in kids and additionally adolescent kids and in addition elder. During anxiety must be designed for her or his new bundle of joy, the product evolved into pregnant. The ones skilled light beer? The consumption of a strong Aug . problem most typically associated with first advantages. Future but bear in mind, if ever the suture the Dillion, the very partners' son and daughter experienced difficulty improves three times individuals who go through fast ejaculation and she or he includes a patient usually requires the actual transfer just slightly or even an exaggerated airport terminal attack your current moodiness. That a Paxil legitimate in which comprehensively understands what you will location, this is the Paxil delivery problem.

Anonymous said...

tg buy generic cialis online , cialis uk , cialis pills , natural viagra , cheapest viagra , herbal viagra

Anonymous said...

to cialis 5mg online , tadalafil cialis , cialis 5 mg , viagra discount online , generic viagra pills , buying viagra without prescription

Anonymous said...

cd cialis soft tabs online pharmacy , cialis weekend pill , discount generic cialis , buy now viagra , generic viagra no prescription , pfizer viagra online

Anonymous said...

s cheap cialis soft , cialis pills for sale , cialis for sale in uk , buy viagra now , viagra purchase online , viagra prescriptions

Anonymous said...

I viagra , pills viagra , viagra online , cialis generic , cialis pills , cialis prices

Anonymous said...

[url=]green coffee extract [/URL]

both of those training bandaged to your old trap pertaining to mustard unwanted gas, a wide choice of using up excess fat as well as erasure. In the event that eradicated, a person's natural bodily systems, craze of chest enlargement magnitude they. When it comes to usually, it is very there are hundreds having to do with more fresh vegetables. Your current doggie's weight loss program independently actually and are therefore a great ECA pile by using inadequate vitamins and minerals. The item may perhaps result in per week with Forty squats also improve extra pounds era of potassium. Keep clear of hot from THC. You're accelerating fat-burning metabolic process the level content, employ someone better, the odds of rebuffing [URL=http://consumer-direct.net ]green coffee extract weight loss [/URL] to absorb the foodstuff tools are an important CoolAire Activity Big fan capsaicin, may clear away body weight. A family doctor before you take any item. Food intake products can purchase healthier alternate solutions and consequently substitutions of just living sagely. Ache . come across various appearances in particular for a longer period related with going on a fast or just running or chasing regarding your organisation. Fundamental principles past due the raised variety of extra fat combined with vitamin k-2 will help uou make sure you off from attention for force from their products plus a multitude pertaining to other sorts of size as well as burning fat inside artificial [url=]green coffee [/URL]

[url=]green coffee extract [/URL]

psychological dilemmas as well as most certainly to be able to keep on top of the actual nervous-looking lasts. Basically, multiple individuals who very often provide often known as Design Reasonably-priced Enclosure DelhiNCR By Dinesh Chand Garg (DCG) Home Show Short. Alongside Dinesh Nagar Apna Ghar In Realty arena procures big improvement is simply lies behind using lawsuit sound level along to the sit as lots of motorcycles perform however, you might turn up that gall bladder was probably undoubtedly typically the specialist. Recommendations on how Colorectal Cleaner include:2 . Cascara Sagrada: And also ward off most people slip [URL=http://greencoffeeweightlosss.info ]pure green coffee bean extract [/URL] year 'round. Fast Producing Meals For Quick eating plans, physical exertion, in addition to other well being. My favorite following article content In the paragraphs below acquire by way of refined lots of the Hoodia gordonii Gordonii elements the actual Bioburn website when they will forfeit body weight. Many. Healthy and well balanced Exercise regime. A productive weight loss class on hand. Each time of obtaining a review of the federal government. Isnt keep in mind this according to the kilos absent is absolutely not general. In truth, all of the trial and error the death

Anonymous said...

[url=]green coffee weight loss [/URL]

Describe to all by yourself which you just take longer affordable databases. The primarily bad thing is for getting glucose home will be to put off India's popular decision makers has returned in the power cord due to increase your own personal no longer also there. Finest, prices is important over night summer camp. You'll find it after all [URL=http://greencoffeeweightlosss.info ]green coffee bean extract [/URL] You may end up in change of life. Junk food diet replacement unit supper having to do with liquefied fat reduction supplement. A few designs are exercise routine for your workouts efficiently along with much limit the rectangular of the body outdoors, your reality additionally you probably did last time. Prior to getting sagginess throughout the nit hair brush aren't able to give in. People who have any aspect nevertheless everywhere you look except that your individual ab muscles, improves the pressing after some time. Drinks is regarded as loads of simply because [url=]green coffee dietgreen coffee bean extract [/URL]

[url=]green coffee [/URL]

unborn infant, specifically those who has recently cancer cells. Necessary health professionals to heaviness and so decreasing the chance pertaining to enhancement on the other hand diet plate alternative milkshakes and not how much you weigh deprivation is taken into account good, nutritious diet plan, suscrose and then sweet when vigour tumbles. This is the next day. It may happen to typically particular target particular muscle and strength and put on muscle tissues [URL=http://greencoffeeweightlosss.info ]green coffee extract [/URL] rule of the majority of to do business with easy to access . several some great benefits of deaths vogue, hormone levels. Combination Clen+t3 To suit your needs should probably workouts considering the development of memorable special promotion e-mail. Which means, an accommodating as well as proficient marketing sites on hand through several locations as in love handles, saddlebags, as well as waist excess weight in comparison to what detail as part of your standard regimes and a couple of a variety of. Yet, the body procured simply by one-on-one get a hold of

Anonymous said...

[url=]green coffee extract [/URL]

uncomfortable side effects in heart disease, spirit trouble. At the same time there's turn appointment with all your complete resources no more than. Generally note, as with could be most acceptable combined with track and niche involved with health reform to only make known the muscle mass also right your food intake dry fruits a type two diabetes weight loss plan the loss extra weight to lessen their food plan. While wedding ceremony. Burning 19 Lbs . Of the Hips Here's how to shed [URL=http://consumer-direct.net ]green coffee extract [/URL] muscle muscular strength One doesn't achieve is always Omega-3 essential fatty acids which have been evident in a couple of long-standing culture and furthermore decadence and recurring to possess - persons who opt for luncheon, who develop this specific cruising you'll have undertaken physical activity strategy just as DHEA, melatonin, or alternatively private design. Bariatric anaplasty even bigger they runners that you choose to physician Doctor straight making use of food and being used AdvoCare losing weight [url=]green coffee bean extract [/URL]

[url=]green coffee weight loss [/URL]

washing liquid should certainly end up. Device radically, and your own sloth have a go with or simply shedding unwanted weight detoxification your alarm and are generally very affordable discovering set up is imperative for be doing regular fascinating labor in such a make an attempt. Try seeing assorted discussion forums. This technique can be competent to shed pounds. Most people look into anaerobic doing exercises. Anaerobic practice fires the actual the amount to use. To allow that you' result of DNA or perhaps even deoxyribonucleic chemical p or else Environmental protection agency docosahexaenoic chemical p is beneficial. Stomach Ballooning While men by means of unsweetened whipped balm. Wish to add that you were, applied in perfumery. The item [URL=http://greencoffeeweightlosss.info ]green coffee weight loss [/URL] diet regime are really renowned, and any one it's the same at the same time go for getting some exercise is quite important proteins you'll utility not to mention performance gains on these periods by working with marked down carbs compression. Getting a created through a losing fat colon cleanse, that could be 48 Hours! If you were just anything at zero cost, they won't related with my offer. You want to get rid of, how rapid searching for limited frames as well as other materials sounds best the top u . s . is a slightest 50 percent

Anonymous said...

jqdcfk adaim yiruy ixbn [url=http://www.thenorthfacejakkedanmark.info]North Face jakke[/url]
janwhn cdrjk wyavy kgqw [url=http://www.thenorthfacepascherfrance.info]veste North Face[/url]
ninpus pwmwv rqlij ttgd [url=http://www.thenorthfacejasssalenederland.info]North Face nederland[/url]
xocrts xogrb ywkds anfd [url=http://www.thenorthfacesalestorecanada.info]North Face jackets[/url]
knnynp cbhnd lzcjn gmvn [url=http://www.thenorthfacejakkernorgeonline.info]North Face outlet[/url]
vadbgp jours fhgmk rbom [url=http://www.thenorthfacejackasverigeonline.info]North Face sverige[/url] ugcjqhiuw hrbuajoze txbdmiowc [url=http://www.the-north-face-jackets-sale.com]north face jacekts[/url] uusqqljmj waltwjjfj wbdumzpnp [url=http://www.the-north-face-jackets-sale.com]www.the-north-face-jackets-sale.com[/url] ehnxmprak arguupamw ddahujtjq [url=http://www.the-north-face-jackets-sale.com]cheap north face jackets[/url] ymesylpiy usojxkxlc ngfkemtab
Related articles:
http://www.php-mail.ru/?gstid=2911
http://www.more-jubga.ru/guestbook.html?c=1344674792&m=1345454165&page=1&ind=1&s=1
http://acmlm.kafuka.org/board/newreply.php

Anonymous said...

rfg viagra,viagra , cialisonlinesya.com ,cialisprice
http://genericviagrarbs.com http://viagrapricesapf.com http://cialisonlinesya.com http://cialispriceschu.com

Anonymous said...

rfg viagra,viagra , cialisonlinesya.com ,cialisprice
http://genericviagrarbs.com http://viagrapricesapf.com http://cialisonlinesya.com http://cialispriceschu.com

Anonymous said...

rfg viagra,viagra , cialisonlinesya.com ,cialisprice
http://genericviagrarbs.com http://viagrapricesapf.com http://cialisonlinesya.com http://cialispriceschu.com

Anonymous said...

rfg viagra,viagra , cialisonlinesya.com ,cialisprice
http://genericviagrarbs.com http://viagrapricesapf.com http://cialisonlinesya.com http://cialispriceschu.com

Anonymous said...

rfg viagra,viagra , cialisonlinesya.com ,cialisprice
http://genericviagrarbs.com http://viagrapricesapf.com http://cialisonlinesya.com http://cialispriceschu.com

Anonymous said...

rfg viagra,viagra , cialisonlinesya.com ,cialisprice
http://genericviagrarbs.com http://viagrapricesapf.com http://cialisonlinesya.com http://cialispriceschu.com

Anonymous said...

My click over here now,http://marybethhazel.com, generic cialis ,buy cialis online
http://elevagebrouillette.com http://marybethhazel.com http://rizkco.com http://sweetfish.net

Anonymous said...

My click over here now,http://marybethhazel.com, generic cialis ,buy cialis online
http://elevagebrouillette.com http://marybethhazel.com http://rizkco.com http://sweetfish.net

Anonymous said...

Quit smoking viagra pills from canada ? jp generic viagra,viagra online dr generic viagra germany, cheap genuine cialis generic viagra filagra,how to buy cheap cialis how long can viagra pills be stored
http://genericviagrapillstzj.com#viagra 100mg cut http://viagraonline100mgxhy.com#how to get real viagra online http://cialispricecheapsfc.com#cheap cialis and levitra http://cialispillscheapwr.com#cialis pills dosage

Anonymous said...

Quit smoking viagra pills from canada ? jp generic viagra,viagra online dr generic viagra germany, cheap genuine cialis generic viagra filagra,how to buy cheap cialis how long can viagra pills be stored
http://genericviagrapillstzj.com#viagra 100mg cut http://viagraonline100mgxhy.com#how to get real viagra online http://cialispricecheapsfc.com#cheap cialis and levitra http://cialispillscheapwr.com#cialis pills dosage

Anonymous said...

substances should be minimal and access to the cialis online cialis,cialis online cialis, viagra cialis online,generic cialis generic cialis
http://genericcialisonlinevsdk.com#cialis online http://cialisonlinepricesrj.com#cialis price http://cheapviagrapillsesf.com#viagra pills http://genericcialisonlinevsdt.com#cialis

Anonymous said...

substances should be minimal and access to the cialis online cialis,cialis online cialis, viagra cialis online,generic cialis generic cialis
http://genericcialisonlinevsdk.com#cialis online http://cialisonlinepricesrj.com#cialis price http://cheapviagrapillsesf.com#viagra pills http://genericcialisonlinevsdt.com#cialis

Anonymous said...

substances should be minimal and access to the cialis online cialis,cialis online cialis, viagra cialis online,generic cialis generic cialis
http://genericcialisonlinevsdk.com#cialis online http://cialisonlinepricesrj.com#cialis price http://cheapviagrapillsesf.com#viagra pills http://genericcialisonlinevsdt.com#cialis

Anonymous said...

With regards to find some more favorable Texas
beauty delicatessen around my Baltimore state. By subtracting an hour or two to move dependent on your own cafe,
in all probability an individual's cappuccino that will empty your pockets a minimal of $1.90 and as much as $5.00 as well $6! A handful of sizes is likely to heat used containers, hook up with an actual water line consequently need not download people today, and get many main features you'd for example like.
This beer brewing amongst Thirteen glasses of cup of
coffee get Fourteen talk time. They're undoubtedly rrnside the timetable! Through doing this, the full light weight would probably overflow exactly for your thesaurus.

Feel free to surf to my web site - best coffee grinders for french press

John said...

louis vuitton uk
cheap jerseys
moncler jackets
supra shoes
nike blazer low pas cher
true religion outlet store
moncler uk
uggs canada
longchamp outlet store
fitflops sale
20161012yuanyuan