Saturday, February 06, 2010

Psan Brantai Di FB lagi

Baru-baru ini pihak Facebook mencurigai sebuah pesan berantai yang terkirim secara massal ke penggunanya.

"Ini adalah pesan rantai yang dikirim ke pengguna tertentu yang mengklaim memiliki akses khusus untuk informasi profil. Itu tidak benar, dan kita tidak tahu di mana itu berasal," kata juru bicara Facebook Simon Axten. "Kami meminta mereka yang menerima untuk mengabaikan pesan dan memberitahu teman-teman mereka."
Facebookhoax

Karena pesan ini dirancang untuk dapat menyebar dengan cepat, namun tidak berbahaya, beberapa pengembang Facebook berspekulasi itu adalah taktik pemasaran yang cerdik oleh perusahaan yang disebutkan dalam pesan.

Pesan ini berisi : "All FB friends. This is important. Do this asap! Go to settings. Click on privacy settings. Click on block users. in [...] the name box enter 'automation labs'. A list of approx 20 people you dont even know will come up. Block each one individually. These people have access to your facebook account/profile and spy on what you do … "

Hampir satu juta pengguna Facebook telah menerima pesan ini. Pesan ini sebenarnya mengeksploitasi fitur standar facebook. Seting privasi facebook menyediakan fitur untuk memblokir profil pengguna tertentu. Saat kita ketikan nama dari orang yang ingin kita blokir, facebook akan memberikan beragam nama yang mencantumkan nama serupa, nama yang hampir sama, atau orang yang terkait dengan nama tersebut.

Saat pengguna mengetikan kata 'Automation Labs' seperti yang diminta, sebuah jendela kecil akan menayangkan daftar orang yang terkait dengan Automation Labs. Mengetikan nama apa saja juga akan menyediakan daftar yang terkait dengan nama serupa.

Lalu, dalam pesannya, pengguna facebook diminta untuk memblokir orang yang mungkin tidak mereka kenal sebelumnya, yang sebenarnya tidak membahayakan.

No comments: